Bupati : MXGP SAMOTA Tetap Jalan Meski Bandara Sumbawa Tidak Tertangani

oleh -725 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Pelaksanaan Moto Cross Grand Prix (MXGP) tinggal sebulan lagi namun hingga hari ini, penanganan Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa yang rencananya akan dilakukan penebalan atau overlay runway (landasan) belum juga terlaksana.

Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdulkah dalam konferensi pers nya diwilayah sirkuit SAMOTA, Rabu (25/05/2022) mengatakan bahwa, lokasi MXGP Samota Sumbawa bisa diakses melalui darat, laut dan udara. Kedatangan tamu bisa dilayani dari ketiganya.

“Kita mengakui panjang runway bandara Sumbawa hanya bisa dilalui oleh pesawat kecil jenis ATR-70 namun dengan kondisi sekarang ini, MXGP tetap jalan meskipun bandara tidak tertangani. Gubernur NTB telah berjanji akan melakukan pembangunan tetapi tidak mungkin dalam waktu 6 bulan bisa selesai sebab pembebasan lahan dan lainnya membutuhkan waktu panjang,” ujarnya.

BACA JUGA  Dinas Sosial Sumbawa Beri Bantuan Sembako Salah Satu KPM Terkena DBD

Untuk mensiasati hal ini lanjut Haji Mo’ sapaan akrabnya, panitia akan bekerjasama dengan beberapa bandara dengan mendatangkan pesawat jenis airbus dengan kapasitas yang lebih rendah sehingga para tamu dan peserta ketika tiba di Indonesia, akan pindah pesawat di Jakarta dengan menggunakan maskapai yang sesuai hingga ke BIL.

“Untuk melayani Kru dan Tim, kita akan Carter pesawat langsung ke BIL dan ini tidak masalah karena jarak antara Sumbawa dan Lombok tidak membutuhkan waktu lama. Sementara untuk melayani penumpang, kita menyediakan 2 kapal cepat dengan menggunakan rute pelabuhan Lombok ke Pelabuhan Badas,” jelasnya.

Selain itu kata Bupati, bisa juga disiasati dari lombok menggunakan airbus milik maskapai Nam Air, untuk ke Sumbawa. Namun dengan mengurangi kapasitas penumpang dan bahan bakar.  Secara tekhnis hal ini tidak masalah. Karena jarak dari Lombok ke Sumbawa hanya 20 menit. Nantinya pesawat tersebut akan pulang pergi untuk mengangkut tamu dan peserta.

BACA JUGA  Pendidikan Inklusi, Kesempatan Bersekolah Bagi Semua Anak

“Semua ini masih dalam tahap finalisasi. Apakah nanti airbus ini dari Jakarta ke Sumbawa atau transit di Jakarta ke Lombok, kemudian baru dilanjutkan ke Sumbawa. Cuman yang jelas meskipun Bandara Sumbawa tidak tertangani di tahun pertama ini, MXGP SAMOTA tetap berjalan pada tanggal 24-26 Juni mendatang,” pungkasnya. (Nuansa/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.