Kru Kapal Asing Asal Banglades Diperiksa, Imigrasi Kenalkan Inovasi SEPAT

oleh -503 Dilihat
oleh

Sumbawa, NuansaNTB.id- Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB melaksanakan Pemeriksaan Keimigrasian terhadap awak kapal M/V Bunun Glory di Pelabuhan Khusus Benete, Kabupaten Sumbawa Barat, Minggu (26/06/2022).

Pemeriksaan ini dalam rangka memberikan pelayanan prima sesuai dengan SOP yang dilakukan terhadap Kapal Asing ke wilayah  Indonesia.

Kepala Seksi Tikkim Erna Loreta Silalahi yang memimpin kegiatan dan dibantu oleh Kepala Subseksi Tikim Aris Reski, Analis Keimigrasian Ahli Pertama Takbir Remalanda, Analis Keimigrasian Ahli Pertama Olfy Prasyas dan Pemeriksa Keimigrasian Pemula I Gede Wika kepada media ini mengatakan pemeriksaan Clearance dilakukan terhadap 21 kru kapal yang merupakan Warga Negara Bangladesh.

Menurut Loreta, kegiatan clearance yang dilakukan tersebut sekaligus memperkenalkan inovasi terbaru dari Kantor Imigrasi Sumbawa Besar yang bernama SEPAT (Sarana Pengawasan dan Pengendalian Petugas di TPI).

BACA JUGA  Pelaku Perampokan di Kebayan Berhasil Diringkus Polisi

“Tim Imigrasi Sumbawa diterima langsung oleh Feyzar yang merupakan salah satu petugas PT. BEN Line dan menjelaskan bahwa Kapal M/V BUNUN GLORY tiba dari Zhoushan-China dan akan melakukan perjalan ke Korea Selatan dengan membawa Konsentrat,” ujarnya.

Adapun pemeriksaan keimigrasian yang dilakukan lanjut Loreta, meliputi Pemeriksaan dokumen perjalanan dan peneraan cap keberangkatan.

“Setelah Tim imigrasi melakukan clearance, kami memperkenalkan inovasi SEPAT, dimana inovasi ini dapat digunakan oleh pemohon keimigrasian untuk memberikan penilaian, saran dan masukan terhadap kinerja petugas di lapangan,” jelas Loreta.

Setelah Inovasi SEPAT disosialisasikan. Kapten kapal Bunun Glory, Capt. Syed Ali Asker menyambut antusias inovasi ini dan mengatakan bahwa inovasi ini sangat bagus dan mudah digunakan sehingga membantu dirinya dan kru kapal memberikan nilai terhadap kinerja petugas, sehingga nantinya kinerja petugas dapat terus ditingkatkan kedepannya, pungkas Loreta. (Nuansa/Yd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.