Percepat Pembangunan Shrimp Estate di Moyo Utara, Ini yang Dilakukan Pemda

oleh -40 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Bupati Sumbawa diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, MM., membuka secara resmi kegiatan Rapat Persiapan Pencanangan dan Sosialisasi Tata Kelola Program Modelling Tambak Udang Terintegrasi kepada masyarakat pemilik lahan yang berlokasi di Kecamatan Moyo Utara, Jumat (10/06/2022).

Turut hadir dalam rapat yang digelar di Aula H. Madilaoe ADT Kantor Bupati Sumbawa tersebut Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Dr. TB. Haeru Rahayu.

Bupati Sumbawa, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Haji Bass sapaan akrab Sekda Sumbawa mengatakan, demi percepatan pembangunan Shrimp Estate di wilayah Kecamatan Moyo Utara, Pemkab Sumbawa tengah mempersiapkan segala kelengkapan dokumen.

BACA JUGA  Sukseskan Pilkada Sumbawa, Bawaslu Gelar Rapat Koordinasi Bersama Media

Selain menyiapkan dokumen, ada beberapa langkah lainnya yang juga sudah dilakukan oleh Pemkab Sumbawa, diantaranya, identifikasi dan verifikasi calon lokasi, melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Kemudian melakukan pengukuran lahan oleh pihak BPN, serta melakukan pemberkasan dan penandatanganan surat pernyataan dukungan dari pemilik lahan.

Sedangkan terkait sewa lahan, kata Bupati, telah dilakukan kegiatan konsultasi kajian kewajaran sewa lahan tanah tambak di 3 desa calon lokasi Shrimp Estate di Kecamatan Moyo Utara, bersama PT. Anagata Dhia Karya Mandiri pada tanggal 30 mei hingga 5 juni 2022.

Pemkab Sumbawa juga telah melakukan survey penilaian terhadap 195 orang pemilik lahan yang ada di Desa Penyaring, Kukin dan Baru Tahan, dengan total lahan sejumlah 245 bidang.

BACA JUGA  Geopark Tambora Masuk Seleksi Kandidat UGGp, Gubernur NTB: Kita Support Terus

“Pemda juga telah melakukan interview dengan pembudidaya tambak udang serta pengisian kuesioner terkait analisa kelayakan usaha budidaya udang yang dilakukan oleh pembudidaya,” ujar Bupati.

Adapun berbagai upaya yang telah dilakukan tersebut, adalah untuk mendorong agar pembangunan Shrimp Estate segera dapat diwujudkan di Kabupaten Sumbawa.

“Besarnya potensi sumberdaya kelautan dan perikanan, serta tingginya antusiasme masyarakat terhadap program Shrimp Estate diharapkanĀ  dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sumbawa,” pungkas Bupati. (Nuansa/Yan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.