Atasi Masalah PDAM, Bupati Sumbawa Tinjau Progres Pembangunan Beringin Sila

oleh -117 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Progres pembangunan Bendungan Beringin Sila, yang berada di Desa Tengah, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa, telah mencapai 84,77 %,.

Salah satu Bendungan terbesar di NTB ini, diperkirakan rampung pada bulan Desember tahun 2022 dan direncanakan akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah bersama Sekretaris Daerah, Drs. H. Hasan Basri, MM,. Asisten Perekonomian dan Pembangunan, serta Anggota DPRD, meninjau secara langsung progres pembangunan yang masih berjalan tersebut, Kamis (14/07/2022).

Bupati Haji Mo’ sapaan akrabnya kepada media ini mengapresiasi progres pembangunan salah satu bendungan terbesar di NTB ini yang sebentar lagi akan segera rampung.

BACA JUGA  STBM Sumbawa Masuk Urutan ke-5 se-NTB, Ini Harapan Bupati

Menurut Bupati, Bendungan dengan daya tampung 27,47 juta meter kubik air, dan akan mengairi sekitar 3.500 hektar lahan pertanian ini, akan memulai proses pengisian air (impounding), pada akhir bulan Agustus atau paling lambat September mendatang.

Beringin Sila ini kata Bupati, merupakan bendungan kebanggaan yang telah lama dinanti masyarakat Utan, akan dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) sebesar 1,4 MW,

Selain itu, juga sebagai reduksi banjir sebesar 90,37 m3/detik, penyalur air baku PDAM 76 liter perdetik, serta potensi sebagai tempat pariwisata, perikanan tangkap, dan tempat konservasi.

Keberadaan bendungan tersebut lanjut Bupati, selain untuk mengatasi masalah PDAM di wilayah barat sumbawa juga sebagai wujud pemerataan pembangunan infrastruktur untuk mendukung ketahanan air dan ketahanan pangan nasional.

BACA JUGA  Kapolres Sumbawa Berikan Reward Kepada Personel dan Masyarakat

“Saya berharap, progres pembangunan Bendungan Beringan Sila ini dapat terselesaikan dengan baik dan sesuai target, sehingga bisa segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pungkas Bupati. (Nuansa/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.