Hadiri Pesona Lebin 1, Ketua Rafiq Janji Tuntaskan Infrastruktur Desa Lebin

oleh -1133 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Usai meninjau sekaligus menyalurkan bantuan kepada warga yang terkena musibah kebakaran di Jurang Alas, Kecamatan Alas.

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq, SH,. bertolak menghadiri kegiatan Pesona Lebin 1 di Desa Lebin, Kecamatan Ropang, Kabupaten Sumbawa, Sabtu (30/07/2022).

Kedatangan Ketua DPRD Sumbawa yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa ini disambut antusias ratusan warga dengan menggelar mangan batompok atau makan ramai.

Pada kesempatan tersebut, Abdul Rafiq menyampaikan apresiasinya atas semangat masyarakat Desa Lebin dalam upaya melestarikan budaya kearifan lokal yang hampir punah di Lebin.

UMKMKetua Rafiq juga memberikan apresiasi dan semangat kepada para pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) yang ada di Desa Lebin.

BACA JUGA  Ketua DPRD Sumbawa Minta Pemda Segera Atasi Persoalan Harga Beras

Menurut Rafiq, dengan adanya pameran UMKM merupakan momentum untuk bangkitnya UMKM lokal di setiap desa terkhusus Desa Lebin. Namun produk UMKM tidak cukup sekedar dipamerkan saja tetapi harus ditingkatkan kualitas produknya karena persaingan usaha semakin kompetitif.

“Saya berharap seluruh UMKM yang ada di Desa Lebin, harus memperhatikan kemasan produk agar bagus dan menarik. Pengepakan, dan qualiti kontrol sangat penting untuk memajukan produk, manajerial pemasarannya juga dibutuhkan dalam mengelola sebuah usaha,” ujarnya.

Dizaman serba online ini lanjut Rafiq, pelaku UMKM tidak boleh menutup diri, manfaatkan ruang maya untuk mempromosikan produk lokal sehingga bisa penetrasi kepasar yang lebih global.

“Saya Yakin UMKM kita Bisa dan tidak hanya ditingkat lokal saja bahkan sampai tingkat nasional dan dunia,” terang Rafiq.

BACA JUGA  Terpilih Secara Aklamasi, Mohamad Ansori Pimpin PSTI Sumbawa

Selain menyemangati pelaku UMKM, Ketua Rafiq juga menantang para ibu-ibu majlis Ta’lim Desa Lebin agar mengubah mindset untuk bisa menjadi pembisnis rumahan dengan menawarkan mesin cuci untuk dikembangkan menjadi bisnis Majlis Ta’lim.

“Banyak hal yang menjadi cita-cita saya ke depan, ingin masyarakat sumbawa lebih bahagia, kebutuhan terjangkau dan lainnya namun untuk bisa itu semua infrastruktur sumbawa harus bagus terlebih dahulu,” harap Rafiq.

Sementara untuk Desa Lebin kata Rafiq, jalan sepanjang 4 kilo akan ditangani melalui dana aspirasi Ketua DPRD Sumbawa. Kemudian bantuan 100 juta untuk Masjid, 2 titik Sumur Bor, bantuan pengembangan peternakan dan sarana untuk pendidikan kecamatan Ropang.

“Janji ini akan saya tunaikan skala priotas tidak bisa langsung semuanya karena keterbatasan dana Pokir dan keterbatasan wewenang namun akan dituntaskan,” tegas Ketua Rafiq.

BACA JUGA  Fraksi Gerindra Berikan Catatan Atas Ranperda Usul Pemda Sumbawa

Ketua DPRD SumbawaUsai memaparkan harapan dan tujuan kehadirannya di Desa Lebin, Ketua Rafiq menyempatkan waktu meresmikan kebun rakyat milik masyarakat Desa Lebin didampingi Camat Ropang beserta Forkompinca Ropang, Kepolisian Sektor Ropang dan Kepala Desa Lebin. (Nuansa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.