Ketua DPRD Sumbawa Reses di Desa Luar Alas dan Labuhan Burung

oleh -39 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Guna menyerap aspirasi masyarakat secara langsung ke Daerah Pemilihan (Dapil), Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq, SH,. melaksanakan kegiatan reses masa sidang II.

Reses kali ini dilaksanakan di 2 titik yakni Desa Luar, Kecamatan Alas pada hari Senin (22/08/2022) dan di Desa Labuhan Burung pada hari Selasa (23/8/2022) dari 4 Titik yang diagendakan.

Dalam pantau media ini, kegiatan reses Ketua DPRD Sumbawa yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa ini dihadiri aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan puluhan masyarakat sekitar.

Suasana kekeluargaan terlihat dalam kegiatan reses tersebut dengan tema semiformal berjalan lancar. Aspirasi yang menjadi kebutuhan masyarakat disampaikan berjalan dengan komunikasi dua arah, antara legislatif dan konstituennya.

Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq, SH,. pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa kegiatan reses ini merupakan kewajiban setiap anggota DPRD yang dijamin Undang-undang untuk menyerap secara langsung apa yang menjadi aspirasi masyarakat.

BACA JUGA  Panwascam Resmi Lantik PPD Desa Moyo Hulu

“Kegiatan ini adalah kewajiban setiap anggota DPRD selaku wakil rakyat yang diberikan mandat oleh masyarakat dengan turun langsung ke Dapil Pemilihan masing-masing untuk menyerap aspirasi warga agar dapat diusulkan dalam pembahasan dengan melihat kebutuhan skala prioritas,” ujar Ketua Rafiq.

Sementara dari salah satu tokoh masyarakat berharap dengan adanya reses ini, apa yang menjadi aspirasi dan keperluan masyarakat khususnya di wilayah tersebut dapat diakomodir.

Menurutnya, setiap kunjungan maupun reses Ketua DPRD Sumbawa, masyarakat sangat antusias mengikuti dan bahkan tidak sungkan dalam menyampaikan aspirasinya.

Adapun aspirasi masyarakat yang dihimpun di Desa Luar Kecamatan Alas diantaranya adalah penguatan Kelompok Usaha Masyarakat berupa bantuan UMKM, pembangunan prasarana umum seperti pembangunan talut untuk sport centre Desa Luar, pembangunan Bronjong untuk sungai Berang Ode, demikian pula untuk kelompok ternak diharapkan ada bantuan ternak kambing.

BACA JUGA  Banmus DPRD Sumbawa Sepakati PAW Syaifullah ke Muhammad Fauzi Kamis Esok

Terhadap berbagai aspirasi masyarakat tersebut ketua DPRD Abdul Rafiq menyambut baik.

“Seluruh aspirasi yang telah disampaikan telah kami catat, untuk kita perjuangkan bersama-sama melalui mekanisme yang telah diatur dalam perundang-undangan” jelasnya.

Reses Sementara untuk reses di hari Selasa yang dilaksanakan di Desa Labuhan Burung. Ratusan masyarakat juga terlihat sangat antusias mengikuti Reses Ketua DPRD.

Dalam kesempatan tersebut hadir Kepala Desa Labuhan Burung bersama jajaran Pemerintah Desa dan Tokoh Masyarakat, Tokoh pemuda, Kelompok wanita. Serta turut hadir beberapa pengurus DPC PDI Perjuangan dan jajaran PAC PDI Perjuangan  Kecamatan Buer bersama Srikandi Mawar Merah PDI Perjuangan.

Adapun aspirasi masyarakat di Desa Labuhan Burung yaitu berharap adanya bantuan alat tangkap untuk nelayan, talud penahan abrasi ombak, jalan lingkungan dan sebagainya.

Semua yang menjadi aspirasi masyarakat telah dicatat oleh Ketua DPRD dan akan diperjuangkan bersama Pimpinan dan Anggota DPRD lainnya.

BACA JUGA  Terus Berbuat, Waka Ansori Bersama SMK Al Ma'rif Khitan 65 Anak

“Alhamdulillah dalam agenda reses II masa Sidang Tahun 2022 ini kita dapat kembali bertemu dengan suasana kekeluargaan, Kita bersyukur atas segala Nikmat-Nya, kita telah bersama-sama melewati Pandemi covid 19 ini,¬† saatnya kita memulihkan kembali kehidupan ekonomi masyarakat,¬† membangkitkan semangat yang lebih kuat, bahwa kita bisa lebih baik lagi,” ucap Rafiq.

Aspirasi yang berkembang selama reses kali ini, banyak menyentuh pada kehidupan ekonomi masyarakat. Selaku wakil rakyat sudah menjadi kewajiban untuk menyuarakan dan memperjuangkan apa yang menjadi prioritas warga terkait persoalan ekonomi agar masyarakat dapat semakin sejahtera, pungkas Rafiq.

Adapun yang menarik dalam reses kali ini, Ketua Rafiq menyerahkan secara langsung bantuan kendaraan Motor Roda tiga kepada Kelompok Maju Tani Desa Labuhan Burung yang merupakan hasil serap aspirasi pada tahun sebelumnya. (Nuansa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.