Penilaian Tim Verifikasi STBM NTB, 18 Desa di Sumbawa Bernilai Baik

oleh -544 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Sebagai langkah konkrit implementasi Misi Sumbawa Sehat dan Cerdas dalam Visi Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban.

Bupati Sumbawa telah menekankan pentingnya hidup sehat dengan memahami urgensi STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, yang tentunya akan bermuara pada semakin meningkatnya laju pembangunan di tingkat desa.

Guna mewujudkan harapan Bupati Sumbawa, Pemerintah Kabupaten Sumbawa melaksanakan kegiatan evaluasi STBM pilar 2 dan 3 di 20 desa yang berada di 20 kecamatan di Kabupaten Sumbawa.

Kegiatan yang dilaksanakan di lantai 1 Kantor Bupati Sumbawa ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah- Drs. H. Hasan Basri, M.M., Asisten III Administrasi Umum Sekretariat Daerah, Ir. Dirmawan, tim verifikator STBM Tingkat Provinsi NTB, Tim Pokja PKP serta OPD terkait, Jum’at (26/08/2022).

BACA JUGA  Pemda Sumbawa Fasilitasi 1788 Produk Warga Dapatkan Sertifikasi Halal

Sekda Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, MM,. pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa di kabupaten sumbawa terutama di desa-desa telah memahami urgensi STBM dalam meningkatkan derajat kesehatan.

Seluruh implementasi untuk menuntaskan lima pilar STBM berfokus pada perubahan perilaku masyarakat, dan kegiatan-kegiatan membangun komitmen, kesadaran serta tanggung jawab berbagai elemen masyarakat telah dilaksanakan dibeberapa kecamatan dan desa.

“Hari ini, kita mendengarkan langsung tanggapan dari tim verifikator sehingga bisa menjadi bahan evaluasi untuk kedepannya. Semoga apa yang tim verifikator liat di lokasi, tidak jauh beda dengan apa yang kami rasakan dan liat dengan yang sudah dievaluasi”, ujar Haji Bass.

Tim verifikasi STBMSementara dari tim verifikasi tingkat provinsi NTB menyampaikan secara teknis bahwa semua sudah melaksanakan verifikasi, ada 20 desa tingkat kecamatan secara teknis hasil dari verifikasi sudah semakin membaik.

BACA JUGA  Empang Kembali Dilanda Banjir, Disos Sigap Terjunkan Relawan Tagana

“Dalam tinjauan tim verifikasi, 20 desa tingkat kecamatan di kabupaten sumbawa sudah semakin baik, terutama untuk daerah Moyo Hulu, sangat luar biasa terutama pada pilar 2-3,” terang Tim Verifikasi NTB.

Adapun hasil verifikasi dari 20 desa, ada 18 yang baik, 1 cukup, dan 1 sangat baik, dapat diliat hasil secara keseluruhan semua baik progres sudah berjalan 50% dan sudah siap dijalankan, kemudian dapat segera mempersiapkan penilaian untuk pilar 4-5, pungkasnya. (Nuansa/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.