Refleksi 77 Tahun Indonesia Merdeka Dalam Catatan Ketua DPRD Sumbawa

oleh -804 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Memperingati hari Proklamasi kemerdekaan hakikatnya tidak saja sebagai acara seremonial belaka, namun harus dimaknai menjadi refleksi terhadap semangat bekerja untuk kepentingan sesama, baik di lingkungan pemerintah maupun seluruh elemen masyarakat.

Masyarakat adalah pokok utama sebuah Negara. Kehadirannya yang eksis hingga saat ini telah melewati beragam kesulitan hidup. Oleh karenanya penguatan sendi-sendi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat adalah yang utama untuk membangun Daerah kita.

Membangun Daerah, senafas dengan Semangat Pusat, demikian pula Tema HUT ke-77 Republik Indonesia “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” mengalir kencang hingga ke seluruh pelosok negeri.

Memberi arahan dan semangat bahwa selama dua tahun sejak awal 2020, bangsa Indonesia dihadapkan pada wabah Pandemi Covid-19, yang memakan jutaan jiwa rakyat Indonesia serta membuat kondisi sosial yang penuh kecemasan.

BACA JUGA  Reses di Bugis, Waka Ansori Serahkan Bantuan Kursi dan Siap Realisasi Peralatan Jenazah

Selama itu pula kita dihantui kecemasan. Masih terngiang dibenak kita, melalui toa-toa masjid hampir tiap hari kita mendengar berita kematian.

Waktu terus berjalan, masa yang telah lewat sebagai pengingat, Alhamdulillah. Kita bersyukur atas Rahmat Nya, Pandemi ini kian melandai menuju titik balik bagi kita untuk Bangkit dan pulih Kembali, lebih kuat, dan Lebih Maju.

Perjuangan kita tidaklah sebanding dengan perjuangan para penjuang tempo dulu dimasa merebut kemerdekaan, semangat yang diwariskan para Pahlawan inilah yang perlu kita jaga. Bahwa menjaga eksistensi bangsa semakin kesini kian kompleks dan semakin berat juga.

Dengan kebersamaan (gotong royong) serta rasa kepedulian akan nasib menjadi modal untuk bangkit. Inilah poin besar dalam memaknai 77 tahun kemerdekaan RI.

BACA JUGA  Pasca Kerusuhan, 34 TPS Di Kabupaten Bima Gelar PSU

77 tahun merdeka. Saatnya kita berbenah dan kembali menjalankan roda kehidupan bernegara, sebagaimana cita-cita founding father yang tertuang dalam Pembukaan Undang Dasar 1945 alinea keempat yang berbunyi. “Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.”

Pasca covid ini, pemerintah khususnya Pemerintah Daerah kabupaten Sumbawa harus segera bekerja mendorong pemulihan ekonomi terutama pengusaha kecil dan menengah. Serta menjalankan pemerintahan dengan tata kelola yang bersih dan amanah.

Bagi kaum muda, mari pertebal semangat patriotisme dan nasionalisme sebagaimana para pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia. Tak kenal lelah dan tidak ada yang berpangku tangan. Kaum mudalah sebagai garda terdepan dalam perjuangan dan penerus cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia sebagaimana tertuang dalam konstitusi kita UUD 1945.

BACA JUGA  Ratusan Warga Penyaring Mendesak Camat Moyo Utara Keluarkan Siltap

Bercerminlah dengan perjuangan dan pengorbanan para pahlawan. Isi dan gunakan masa muda untuk kehidupan yang lebih baik dan bermanfaat. Jauhkan dari narkoba dan perilaku negatif yang akan merusak masa depan kalian.

Sekali lagi, bahwa Hakikat hari Kemerdekaan ke-77 ini, menjadi refleksi kita untuk mengencangkan “ikat pinggang” berlari lebih cepat, melompat lebih tinggi menggapai cita-cita yang tertunda melalui kreativitas dan inovasi yang berguna bagi sesama. (Nuansa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.