Sukseskan Regsosek 2022, Sekda Minta Kepala OPD dan Instansi Vertikal Dukung Regsosek

oleh -188 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Sukseskan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Drs H Hasan Basri, MM,. hadiri Rapat Koordinasi Pendataan Awal Regsosek di Sumbawa Grand Hotel, Kamis (22/09/2022).

Kegiatan yang digelar BPS Kabupaten Sumbawa ini menghadirkan kepala BPS Provinsi NTB, Plt. Kepala Bappeda Sumbawa, dan Kepala Dinas Sosial Sumbawa sebagai pembicara.

Regsosek sendiri akan dimulai pada 15 Oktober hingga 14 November mendatang. Pendataan awal regsosek akan menghasilkan data terpadu tidak hanya untuk program perlindungan sosial, tetapi juga data kondisi sosial ekonomi keluarga yang dibutuhkan untuk perencanaan pembangunan yang lebih terarah.

Sekda sumbawa Sekretaris Daerah pada kesempatan tersebut mengatakan, data Regsosek yang akan dihasilkan nantinya adalah sampai pada tingkatan administrasi terkecil yang bisa diurai sampai ke satuan lingkungan RW hingga RT.

BACA JUGA  Cegah Masuknya Barang Terlarang, Petugas Lapas Periksa Makanan Titipan

Dengan kedalaman tersebut, kata Haji Bass sapaan akrabnya, nilai kemanfaatan datanya akan lebih luas, akurasinya pun lebih tinggi, sehingga layak dimanfaatkan sebagai data rujukan.

Haji Bas juga mengungkapkan, data Regsosek akan dijadikan Pemerintah Kabupaten Sumbawa sebagai acuan atau pedoman dalam proses perumusan kebijakan, perencanaan pembangunan dan evaluasinya.

“Ketersediaan data dan informasi sosial ekonomi penduduk yang memadai akan memberikan alternatif solusi intervensi pembangunan yang komprehensif,” ujar Haji Bass.

Pada kesempatan tersebut, Sekda meminta para Kepala Perangkat Daerah, Pimpinan Instansi Vertikal dan Pimpinan Perguruan Tinggi untuk mengawal dan memberi dukungan demi suksesnya Regsosek 2022.

Selain itu, Sekda juga berharap seluruh lapisan masyarakat dapat menerima petugas Regsosek dengan baik serta memberikan data yang sebenarnya dan apa adanya.

BACA JUGA  Dinas LH Sumbawa Alokasikan Anggaran APBD 1,5 Miliar untuk Armada Baru

“Kolaborasi dan koordinasi BPS Kabupaten Sumbawa dengan instansi terkait termasuk Polres, Polsek serta Kodim dan Koramil sangat dibutuhkan untuk memastikan pelaksanaan di lapangan bisa berjalan dengan tertib, aman dan terkendali,” pungkas Haji Bas. (Nuansa/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.