Optimalkan Pendapatan Asli Daerah, Bupati Sumbawa Dorong Penerapan Digitalisasi

oleh -708 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten sumbawa, Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, terus mendorong upaya penerapan digitalisasi.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Haji Mo’ sapaan akrabnya saat membuka Sosialisasi Digitalisasi Keuangan Daerah oleh Bank NTB Syariah di Kantor Bupati Sumbawa yang turut dihadiri oleh seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Selasa (04/10/2022).

DigitalisasiMenurut Bupati, penerapan digitalisasi sangat penting dalam mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sumbawa.

Pendapatan Asli Daerah yang salah satunya dari sektor pajak daerah dalam struktur APBD Kabupaten Sumbawa masih merupakan elemen yang cukup penting peranannya, baik untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan maupun dalam pemberian pelayanan kepada publik.

BACA JUGA  Lapas Sumbawa bersama LKBH UNSA Berikan Penyuluhan Bantuan Hukum Gratis bagi Tahanan

Meski dana transfer dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dalam rangka mendukung pelaksanaan otonomi daerah jumlahnya relatif memadai, Bupati menyebut, daerah tetap dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan PAD-nya.

“Kontribusi pendapatan asli daerah, terutama dari sektor pajak daerah memang harus diupayakan untuk terus ditingkatkan dari tahun ke tahun, salah satunya melalui ekstensifikasi PAD dengan upaya digitalisasi,” terang Bupati.

Bupati juga mengatakan, dengan diterapkannya layanan digitalisasi dalam pemungutan pajak daerah, diharapkan data pembayaran pajak daerah dapat dilihat secara real time.

Selain itu juga mampu mengurangi tingkat kebocoran penerimaan pajak yang dibayarkan oleh wajib pajak, serta menjamin semua proses terkontrol dengan baik, karena sistem yang dikembangkan dibangun dengan standar keamanan yang tinggi dan standar operasi yang baku, pungkasnya. (Nuansa/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.