Berikan Peluang Kader di DPRD Sumbawa, Yamin Abe Maju ke Provinsi

oleh -335 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Muhammad Yamin SE., M.Si,. terus mendapat kepercayaan masyarakat untuk menjadi wakilnya di DPRD Kabupaten Sumbawa. Buktinya, sudah berjalan tiga periode terpilih menjadi anggota DPRD Sumbawa dan hingga kini masih menjabat.

Mengawali karirnya di dunia politik, aktivis yang pernah menjabat Ketua Panwaslu Sumbawa (kini, Bawaslu), menjadi kader Partai Kedaulatan dan menjabat sebagai Ketua DPC Sumbawa. Meski partai pendatang baru, namun figur Yamin Abe—panggilan akrabnya mendapat tempat di hati masyarakat, sehingga salah satu dari 40 kursi di DPRD (kini 45 kursi), adalah jatah Partai Kedaulatan.

Yamin Abe dilantik menjadi anggota DPRD untuk pertamakalinya periode 2009–2014. Di penghujung jabatannya, Yamin Abe memilih mundur dari Partai Kedaulatan karena melihat situasi politik saat itu. Dengan adanya system parlementaria thresould, Partai Kedaulatan tidak akan menjadi peserta Pemilu untuk periode selanjutnya. Dia harus rela melepas jabatan anggota DPRD melalui Pergantian Antar Waktu (PAW), lalu berhijrah ke Partai Hanura.

BACA JUGA  Bawa Bantuan, Kapolda NTB Safari Ramadhan di Sumbawa

Langkah Yamin Abe memilih partai besutan Jenderal (Purn) Wiranto untuk pelabuhan politik selanjutnya, sangat tepat. Terlebih lagi Hanura merupakan partai baru yang kala itu tengah naik daun. Meski bersaing dengan kader Hanura lainnya yang cukup mumpuni, namun Yamin Abe berhasil meraih suara terbanyak di daerah pemilihan (Dapil) 3 meliputi Kecamatan Sumbawa, Moyo Hilir dan Moyo Utara.

Yamin Abe pun dilantik sebagai anggota DPRD untuk periode kedua, 2014—2019 lalu berlanjut periode ketiga, 2019–2024. Kiprah Yamin Abe di parlemen cukup gemilang.

Beberapa jabatan strategis disandangnya mulai dari Sekretaris Komisi, Ketua Komisi bahkan Pimpinan DPRD. Dan saat ini sebagai Ketua Badan Kehormatan DPRD Sumbawa, tepat ketika menjabat anggota DPRD Sumbawa untuk periode ketiga. Demikian dengan kepartaian. Karirnya juga meroket. Dari anggota biasa kini menduduki Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Sumbawa.

BACA JUGA  Kisah Sile, Buruh Bulog Ujung Tombak Bantuan Pangan Masyarakat Bima

Untuk pemilu legislative 2024 mendatang, Yamin Abe menetapkan hati untuk melenggang ke Udayana, sebagai Calon Anggota DPRD Provinsi NTB. Pilihannya untuk berkarier lebih tinggi lagi, dengan pertimbangan regenerasi. Ia ingin muncul kader baru penggantinya di DPRD Sumbawa dari Partai Hanura.

“Ketika saya masih bertahan untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Sumbawa pada Pileg 2024 mendatang, saya pesimis ada dari kader kami yang mau bersaing dengan saya. Saya tidak mau mengedepankan ego pribadi di sini, karena yang lebih penting dari itu adalah membesarkan partai dengan melahirkan generasi-generasi selanjutnya,” kata Yamin saat ditemui media ini.

Untuk mendukung pencalonannya ini, ungkap Yamin Abe, salah satunya dengan memperkuat struktur partai hingga ke tingkat dusun. Selain itu menjaring kader terbaik dan mengundang siapapun masyarakat yang potensial untuk bergabung di Hanura menjadi bakal calon anggota DPRD.

BACA JUGA  Presiden Jokowi Resmikan Makassar New Port dengan Nilai Investasi 5,4 Triliun

“Kita akan bergerak bersama, dengan tekad mampu meraih kemenangan di setiap daerah pemilihan. Ketika caleg di tingkat kabupaten berjaya, maka secara otomatis kita punya perwakilan di DPRD propinsi,” ujarnya.

Saat ini Partai Hanura telah mengantongi nomor 10 sebagai nomor urut partai. Angka ini memberikan tanda-tanda kemenangan. Jika dikaitkan dengan Piala Dunia 2022 yang lalu, Messi memiliki nomor punggung 10 yang berhasil mengantarkan negaranya menjadi juara dunia.

“Semoga ini menjadi motivasi dan pemecut semangat bagi seluruh kader Hanura untuk berjuang meraih kemenangan, sebagaimana Messi dkk yang mencapai puncak kejayaan di dunia sepakbola,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.