KPU Sumbawa Tes CAT Calon Anggota PPS di 5 Wilayah

oleh -221 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Sesuai tahapan pemilu 2024 di PKPU 3 tahun 2022 dan pembentukan badan Adhoc, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Sumbawa melakukan perekrutan anggota PPS di 165 se-Kabupaten Sumbawa.

Perekrutan tersebut, diatur dalam PKPU 8 tahun 2022, sehingga KPU Kabupaten Sumbawa telah buka pendaftaran calon anggota PPS pada 18 s/d 30 Desember 2022 untuk 165 desa/kelurahan di 24 kecamatan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Divisi Sosdiklih, parmas dan SDM KPU Kabupaten Sumbawa, Muhammad Ali, S.IP,. kepada media ini, Selasa (10/01/2023).

Menurut Ali sapaan akrabnya, ada kekurangan pendaftar kurang dari 2 kali jumlah kebutuhan anggota PPS (Minimal 6 orang pendaftar) di tahap Pendaftaran normal, sehingga pendaftaran diperpanjang selama 3 hari mulai tanggal 31 Desember 2022 s/d 2 Januari 2023.

Sebagaimana diatur dalam ketentuan KPT KPU RI Nomor 534 tahun 2022, apabila kurang dari jumlah 2 kali jumlah kebutuhan, KPU Kabupaten/kota membuka perpanjangan, saat ini KPU kabupaten Sumbawa melaksanakan tes tulis calon anggota PPS setelah melakukan penelitian administrasi, jelas Ali.

BACA JUGA  Tumbangkan Portugal, Sundulan Nesyri Membawa Maroko ke Semifinal Piala Dunia Qatar

Lanjutnya, dari 165 desa/kelurahan yang tersebar di 24 kecamatan, ada 1.629 pendaftar yang hanya membuat akun dan termasuk lengkapi berkas, jumlah pendaftar yang melengkapi persyaratan dan mengirim berkas ke siakba ada 1.278 orang, setelah KPU Kabupaten Sumbawa melakukan penelitian administrasi ada 1.258 yang lulus dan 20 orang yang tidak lulus penelitian administrasi.

Ada beberapa hal pendaftar tidak lulus karena tidak lengkap jenis dokumen persyaratan upload di siakba termasuk fisiknya, pendaftar mendaftar di siakba tidak sesuai desa dengan alamat domisili KTP el, ada pendaftar upload dokumen ke siakba tidak sesuai persyaratan yang diatur.

“KPU kabupaten Sumbawa selama tahap penelitian administrasi membuka masa waktu perbaikan persyaratan, tetapi banyak pendaftar tidak menindaklanjutinya, sehingga hanya 1.278 pendaftar yang kita vermin persyaratan,” terang Ali.

BACA JUGA  BNPT RI Ajak Organisasi Wartawan dan Media di NTB Bersinergi

Saat ini KPU kabupaten Sumbawa melaksanakan tes tulis berbasis komputer 1.258 peserta di 5 titik, yakni, untuk bagian timur dilaksanakan di SMK Kecamatan Plampang.

Tes CATKemudian, bagian tengah di SMK Kecamatan Lopok, wilayah kecamatan Sumbawa besar dan sekitarnya di SMK 3 Sumbawa, di bagian selatan di SMP Kecamatan Lenangguar, dan di wilayah barat di SMK Kecamatan Buer.

Dalam KPT KPU RI 534 tahun 2022, jadwal tahap pelaksanaan tes tulis PPS yang perpanjangan pendaftaran, dimulai pada tanggal 9 s/d 14 Januari 2023, KPU Kabupaten Sumbawa telah mengatur jadwal tes tulis PPS hanya 2 hari, telah di mulai pada tanggal 9 s/d 10 Januari (2 hari), dengan banyak tempat tes tulis, sehingga cukup 2 hari untuk menyelesaikan tahap tes tulis.

Untuk hasil tes tulis CAT PPS, KPU Kabupaten Sumbawa menetapkan 3 kali jumlah kebutuhan (sebanyak 9 orang) per desa, yang kurang dari 9 orang mengikuti tes tulis per desa maka semua lulus tes tulis, untuk mengikuti ke tahap selanjutnya tes wawancara yang akan dilaksanakan pada 18 s/d 20 Januari 2022, selanjutnya penetapan anggota PPS nanti pada 23 Januari dan kami Lantik anggota PPS pada 24 Januari 2022.

BACA JUGA  Bawaslu Sumbawa Koordinasi bersama Satpol PP, Tertibkan APS Berbentuk Kampanye

“Dari jumlah pendaftar termasuk yang buat akun siakba, yang walaupun pendaftaran ada perpanjangan, kami KPU kabupaten Sumbawa apresiasi berterima kasih kepada seluruh tokoh masyarakat dan pemuda telah berpartisipasi aktif mengikuti tahapan perekrutan PPK sebelumnya dan PPS saat ini, dengan tingginya minat bakat pemilih untuk menjadi penyelenggara, tentu ada semangat tersendiri bagi kami untuk menyukseskan pemilu tahun 2024 agar berjalan aman, damai, adil, jujur, berintegritas dan partisipatif,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.