Program Unggulan Kebudayaan Sukses, Pengunjung Meningkat Siknifikan

oleh -626 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Dalam rangka meningkatkan pelayanan kunjungan dan memberi arti keberadaan museum daerah sesuai dengan program unggulan Pemerintahan Drs H Mahmud Abdullah – Dewi Noviany, S.Pd,. M.Pd,. (Mo-Novi).

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa melalui Bidang Kebudayaan terus melakukan elaborasi sesuai dengan pelaksanaan program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, Dr M ikhsan Safitri. M.Si,. kepada media ini, Kamis (05/01/2023) menjelaskan, ada empat langkah strategis dalam memajukan kebudayaan sesuai dengan yang tertuang dalam Undang-undang no 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan.

“Ada empat cara memajukan kebudayaan yakni, perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan,” ujar Doktor Ikhsan.

BACA JUGA  Komisi II DPRD Sumbawa Rekomendasi Moratorium Izin Usaha Toko Swalayan

Sejauh ini lanjutnya, kinerja bidang kebudayaan yang sudah bekerja keras dalam menyampaikan informasi terkait keberadaan museum daerah dan nilai nilai pemajuan budaya lainnya sudah sangat baik.

Apresiasi untuk Bidang Kebudayaan yang sukses menjalankan program kebudayaan di tahun 2022 seperti museum masuk sekolah. Keberadaan museum ini sangat penting sebagai sarana edukasi bagi masyarakat agar rangkain sejarah masa lampau tidak terputus.

“Saya berharap kepada satuan pendidikan semua jenjang, agar keberadaan museum ini benar – benar dimanfaatkan sebagai sarana edukasi para murid,” harap Kadis Ikhsan.

Mantan Kadis Disnakertrans ini juga mengajak kepada seluruh satuan pendidikan semua jenjang untuk meramaikan museum dengan program edukasi kunjungi museum, agar anak – anak tercerahkan dan tercerdaskan.

BACA JUGA  Kadis Kominfotik NTB : Jurnalis Berperan Penting Menjadi Corong Informasi

Menurut Kadis, jumlah pengunjung yang datang ke musim daerah kabupaten sumbawa tercatat mengalami peningkatan yang sangat siknifikan dibandingkan dengan tahun – tahun sebelumnya.

“Dari data tercatat kunjungan di tahun 2021 sebanyak 1609 pengunjung dan tahun 2022 sebanyak 3307 pengunjung,” jelas Kadis.

Semoga apa yang dilakukan oleh bidang kebudayaan kabupaten Sumbawa dapat terus ditingkatkan minimal dipertahan di tahun 2023 dan seterusnya agar masyarakat benar – benar merasakan arti keberadaan museum dan memahami nilai – nilai pemajuan kebudayaan.

Sementara, Kepala Bidang Kebudayaan Sutan Syahril, S.Sos,. dalam keterangannya menyampaikan, di samping kenaikan pengunjung yang siknifikan. Bidang kebudayaan akan menyiapkan sumber daya yang memadai dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik dan prima.

BACA JUGA  Wakili Gubernur Kaltara, Moeis Damhudji Resmikan Asrama Mahasiswa Asal Kalimantan Utara

Selaras dengan kepala bidang kebudayaan, kepala UPT Museum daerah Kabupaten Sumbawa Ivonie Septiyanti, SE,. menambahkan, untuk target kunjungan museum di tahun 2023 sebanyak 4.430 pengunjung dan juga akan menambah penataan ruang pamer yang maksimal agar informasi terkait koleksi yang ada di museum tersampaikan dengan baik ke masyarakat.

“Tahun ini kami telah menyiapkan dua ruang pamer baru, serta perpustakaan. Begitu anggaran berjalan kami akan segera merealisasikannya,” ujar Ivonie seraya berharap agar program program Sabtu budaya tetap diadakan di tahun 2023 ini. (Nuansa/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.