Kuatkan Ikhtiar Kampung Perikanan Budidaya, Ketua Rafiq Tinjau Pulau Kaung

oleh -578 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Dukung keberadaan Kampung Perikanan Budidaya di Desa Pulau Kaung, Kecamatan Buer, Kabupaten Sumbawa.

Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq bersama Tim Ahli DPRD dan rombongan berkunjung ke Kantor Desa Pulau Kaung, Jum’at (10/02/2023).

Dalam kunjungannya, Ketua Rafiq berkesempatan melihat secara langsung aktivitas di Desa sambil memberikan motivasi bagi warga sekitarnya.

TinjauKehadiran Ketua DPRD mendapatkan sambutan hangat warga, dimana kedatangan Ketua DPC PDI-P Sumbawa ini ternyata telah ditunggu-tunggu banyak warga baik remaja, dewasa dan orang tua, laki-laki maupun perempuan.

Selain bersilaturrahim dan meninjau kegiatan warga yang pernah diberikan bantuan melalui program aspirasinya tahun 2022 lalu. Ketua Rafiq juga berdialog dengan masyarakat setempat.

BACA JUGA  Reses di RW 11 Brang Biji, Waka Ansori Beberkan Program Perioritas

Diketahui bahwa Khusus untuk program Kampung Perikanan Budidaya Desa Pulau Kaung, komoditas unggulannya adalah budidaya tiram mutiara. Dimana Pemerintah Pusat telah memberikan bantuan sarana budidaya bagi kelompok di Pulau Kaung.

“Sarana prasana penunjang yang dimiliki oleh kelompok nelayan pulau kaung memang sudah ada, tinggal sekarang bagaimana komoditas tiram mutiara itu dikembangkan lebih maksimal, dan kedatangan kami adalah untuk memperkuat Ikhtiar warga para nelayan. Apa yang mereka butuhkan sekarang, mungki ada kelompok yang belum mendapatkan atau lainnya,” ujar Rafiq.

Pengembangan budidaya Tiram ini kata Rafiq, diharapakan keuntungan yang didapatkan dapat lebih besar, oleh karenanya kepada Dinas terkait jangan berhenti dalam mendampingi nelayan.

BACA JUGA  Partai Golkar Berbagi Bersama Kaum Dhuafa dan Fakir Miskin

Melalui penyuluh perikanan dan UPTnya perlu terus membina baik tatacara pengelolaan dan pengembangannya yang lebih baik seperti cara melakukan penyuntikan hingga dapat menghasilkan mutiara alami dengan harga yang cukup tinggi. Sehingga pengembangan program dari Pemerintah Pusat yang mengucurkan anggaran yang tidak sedikit dapat berhasil.

“Best practise di Desa Pulau Kaung bisa menjadi model kelak bagi kampung nelayan lainnya. Harapannya program ini bisa benar-benar dijalankan dengan maksimal, yakinlah bila usaha tidak menghianati hasil,” jelasnya.

Untuk diketahui, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI telah menetapkan Desa Pulau Kaung Kecamatan Buer, Sumbawa, NTB sebagai salah satu Kampung Perikanan Budidaya di Indonesia.

Penetapan tersebut bersamaan dengan 130 Kabupaten di Indonesia yang mendapatkan program kampung nelayan maju dan Kampung Perikanan Budidaya. (Nuansa/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.