Pameran MXGP Samota 2023 akan Diramaikan 350 UMKM

oleh -909 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Event dunia Motocross Grand Prix (MXGP) Samota 2023 yang akan digelar 25-27 Juni mendatang akan diramaikan oleh 350 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kepala Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan, Kabupaten Sumbawa, Doktor Dedy Heriwibowo yang dikonfirmasi media mengatakan bahwa, pihaknya sedang melakukan proses pendataan dengan pelaku UMKM termasuk penyelenggara.

“Kami sedang mendata dan belum final. Rencana yang disepakati dengan pihak penyelenggara, ada sebanyak 350 UMKM,” ujarnya, Kamis (18/05/2023).

Untuk lokasi pameran lanjut Doktor Dedy, tidak ada perubahan seperti lokasi saat MXGP 2022 lalu yakni sebagian di Taman Mangga dan sebagian lagi di dekat sirkuit.

“Lokasi UMKM tetap sama seperti tahun lalu, ada yang di Taman Mangga, Jalan dekat lokasi sirkuit dan ada juga stand di dalam sirkuit termasuk di lokasi konser musik,” kata kadis.

BACA JUGA  Kondisi Sakit, PMI Asal Sumbawa Ditampung dalam Kamar Mayat di Malaysia

Masih menurut kadis, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (KUKMindag) Kabupaten Sumbawa mencatat pertumbuhan UMKM di Sumbawa saat ini jauh meningkat. Peningkatan ini berawal dari adanya perhelatan MXGP Samota pada 2022 lalu.

Dalam forum yang aktif mengikuti event ini sekitar 363 UMKM. Namun sebenarnya, UMKM yang didata oleh dinas jauh lebih banyak yakni sekitar 20 ribu UMKM.

“Alhamdulillah kami memfasilitasi mereka dalam forum UMKM Kabupaten Sumbawa. Setiap ada event yang diselenggarakan, mereka aktif berpartisipasi termasuk di kegaiatan pra MXGP,” ungkap kadis.

Ke depan pihaknya menginginkan UMKM yang ada di Kabupaten Sumbawa dapat naik kelas. Baik dari segi produk yang dihasilkan, maupun standarisasi hingga pengaturan manajemen oleh para pelaku UMKM tersebut.

BACA JUGA  Hari ini Kembali Bertambah 20 Kasus Baru Positif Covid-19 Di NTB, 4 Meninggal Dunia

“Harapan kami ke depan UMKM yang ada dapat naik kelas, artinya UMKM mereka meningkat, usahanya menigkat, omsetnya meningkat dan keuntungannya juga meningkat,” pungkasnya. (Nuansa/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.