Hasil Perikanan Melimpah, KKL UNSA Labuhan Kuris Latih Ibu PKK

oleh -1355 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Labuhan Kuris merupakan salah satu Desa pesisir yang memiliki hasil tangkapan perikanan yang lumayan melimpah.

Namun hingga saat ini belum ada dikenal hasil produk olahan rumahan dari hasil perikanan warga masyarakat setempat.

Sementara dalam kerangka amanat Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Indonesia (RPJN) 2005-2025 yakni mewujudkan Indonesia sebagai negara kepulauan yang berdaulat, maju, dan tangguh melalui pelaksanaan pembangunan berkelanjutan.

Guna mencapai amanat tersebut dibutuhkan berbagai upaya, yang salah satunya yaitu melalui pembangunan ekonomi biru (blue economy).

Blue economy diharapkan menjadi terobosan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat terutama masyarakat pesisir.

Selain itu blue economy diharapkan juga dapat menjadi jalan menuju pencapaian pembangunan berkelanjutan (Suistanable develompemtn Goals).

BACA JUGA  Lindungi Generasi dari Narkotika, BNNK Sumbawa MoU Bersama SDN Kerekeh

Berlandaskan hal tersebut, Kelompok Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Universitas Samawa (UNSA) Desa Labuhan Kuris menginisiasi dan melaksanakan program Pelatihan Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P3HP).

Kelompok masyarakat sasaran dalam kegiatan ini ialah ibu PKK Desa Labuhan Kuris. Sementara tujuan dari kegiatan ialah untuk meningkatkan kapasitas ibu PKK dalam pengolahan dan pemasaran hasil perikanan sehingga kedepannya dapat menjadi wirausaha berbasis potensi sumber daya alam pesisir.

Hadir sebagai pemateri sekaligus pembimbing KKL Dr. Neri Kautsari, S.Pi., M.Si,.. yang langsung melatih ibu-ibu PKK dalam pembuatan produk sambal teri mulai dari proses, pengemasan hingga pemasaran.

Pada kesempatan tersebut Doktor Neri menyampaikan peran penting pemilihan bahan baku yang sustainable dalam mendukung perikanan berkelanjutan.

BACA JUGA  Tutup Reses di Pungkit, Waka Ansori Hujani Warga dengan Bantuan

Sementara, Nita Wulandari yang merupakan koordinator kegiatan tersebut mengungkapkan, bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kelompok ibu PKK di masa kini maupun masa mendatang.

“Harapannya ke depan, Desa Labuhan Kuris tidak hanya terkenal dengan hasil Perikanan/tangkapannya yang melimpah saja namun juga menjadi desa pesisir dengan segala produk olahannya,” ujarnya.

Ketua Kelompok KKL, Edry Radi Putra berharap program-program yang dilakukan oleh timnya dapat memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat terutama bidang pembangunan berkelanjutan di daerah pesisir Sumbawa.

Ketua PPK Desa Labuhan Kuris, Rustiani, mengucapkan terima kasih kepada Kelompok KKL Universitas Samawa yang telah memberikan ilmu terkait pengolahan dan pemasaran hasil perikanan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.