Kemendikbud Ristek Tetapkan SMKN 2 Sumbawa sebagai SMK Berbasis Industri 4.0

oleh -766 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Direktorat SMK Kemendikbud Ristek menetapkan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kabupaten Sumbawa sebagai sekolah penyelenggara SMK berbasis industri 4.0 pada kompetensi keahlian teknik alat berat.

Selain itu, SMKN 2 sumbawa juga pada hari Pendidikan Nasional tahun 2023 ini juga mendapatkan Anugerah istimewa dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai SMK terbaik dalam hal kemitraan.

SMKN 2 Sumbawa Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala SMKN 2 Sumbawa Khaerudin, S.Pd,. M.Pd,. saat acara penandatangan perpanjangan kontrak kerjasama antara PT. Trakindo Utama dengan SMKN 2 Sumbawa, yang dilaksanakan di Gedung Aula Graha Techno SMKN 2 Sumbawa, Senin (28/08/2023)

Menurut Khaerudin, semua capaian tersebut berkat kemitraan yang baik antara SMKN 2 Sumbawa dengan dunia usaha dan industri.

Lanjut Khaerudin, kerjasama SMKN 2 sumbawa dengan PT Trakindo Utama ini dimulai sejak Tahun 2007 dan sekarang sudah perpanjangan yang ke-6 kali.

Adapun kompetisi alat berat ini kata khaeruddin, sudah menamatkan sebanyak 235 alumni, diantaranya 85% atau sekitar 199 orang telah terserap di PT Trakindo Utama dan sisanya ada yang melanjutkan studi, ada juga yang berwirausaha.

BACA JUGA  Libatkan 225 Personil, Uji Tembak Rudal Canggih Pertahanan Udara TNI AD

Kemudian, ada sebanyak 46 alumni telah mendapatkan beasiswa dari PT. Trakindo Utama untuk melanjutkan studi pendidikan Politeknik Vokasi, yang bernama Politeknik COOP. Politeknik ini adalah Politeknik yang bekerjasama dengan PT Trakindo Utama.

“Dengan ditetapkannya SMKN 2 Sumbawa besar sebagai penyelenggara SMK berbasis industri 4.0 pada kompetensi keahlian teknik alat berat, Kami mendapatkan bantuan dari pusat berupa uang praktek siswa baru, gedung baru yang proses pembangunannya sedang berlangsung. Di samping itu juga ada bantuan peralatan terutama penunjang industri 4.0 serta penguatan program pembelajaran industri 4.0,” terangnya.

Kemendikbud ristek

Sementara, Wakil Bupati Sumbawa, Hj Dewi Noviany, S.Pd,. M.Pd,. mengapresiasi dilaksanakannya perpanjangan kontrak antara PT Trakindo Utama dengan SMKN 2 Sumbawa Besar.

“Hari ini kita saksikan bersama penandatangan perpanjangan kontrak antara PT Trakindo Utama dengan SMKN 2 Sumbawa Besar. Semoga acara ini selalu berkelanjutan bukan hanya SMKN 2 saja tetapi sekolah SMK yang ada di seluruh Nusa Tenggara Barat,” ujar Wabup.

Wabup juga berharap dengan kehadiran PT Trakindo Utama terus dapat berkolaborasi dengan industri dan pendidikan, karena pendidikan tanpa industri mustahil akan sukses atau maju dikemudian hari.

BACA JUGA  Dua Pelaku Ilegal Fishing Melarikan Diri, Perahu Berhasil Diamankan Satpolairud

Mewakili Pemerintah Daerah, Wabup Novi, mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya acara ini yang sangat luar biasa karena setiap tahun alumni-alumni khususnya di bidang teknik alat berat sudah melakukan kerjasama dengan prusahaan-prusahaan yang ada di luar daerah, dan ini merupakan bentuk kompetensi yang sangat baik.

“Saya berharap mudah – mudahan dengan hadirnya wali murid dari anak-anak SMKN 2 Sumbawa Besar dapat memberikan motivasi serta mengajak anak-anak kita untuk bersekolah di SMK khususnya di SMKN 2 Sumbawa Besar,” ajak Wabup.

Selain itu, Wabup juga berharap semakin banyak perusahaan industri yang terinspirasi oleh kerjasama yang terjalin pada hari ini. Mari kita bersama-sama berkontribusi dalam membangun sumber daya manusia usia yang unggul dan siap bersaing di era global.

“Saya juga mengajak semua pihak untuk terus menjaga komunikasi, Sinergitas agar tujuan-tujuan bersama dapat tercapai dengan lebih baik,” ajaknya.

Kepada pihak sekolah, Wabup berpesan agar mesin engine yang diberikan oleh PT Trakindo Utama dapat menjadi alat yang berharga untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa-siswi dalam dunia teknik.

BACA JUGA  Berkas Lengkap dan Diterima KPU, Gerindra Sumbawa Siap Menangkan Pemilu 2024

“Manfaatkanlah peluang ini dengan sebaik-baiknya, tingkatkan kompetensi dan keahlian sehingga anak-anak kita nantinya dapat menjadi tenaga kerja yang berkualitas dan berdaya saing,” ungkap Wabup.

Wakil Bupati juga berpesan kepada seluruh siswa siswi SMKN 2 Sumbawa, manfaatkanlah peluang yang ada dengan sebaik-baiknya. Belajarlah terus dengan giat, karena ilmu yang kalian peroleh akan menjadi pondasi kesuksesan masa depan.

“Kami yakin dengan usaha dan dukungan semua pihak kalian akan mampu mencapai cita-cita dan meraih keberhasilan yang gemilang,” pungkas Wabup Novi.

Turut hadir pada acara penandatangan perpanjangan kontrak kerjasama antara PT. Trakindo Utama dengan SMKN 2 Sumbawa ini, Wakil bupati Sumbawa – Hj.Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd,. yang didampingi oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbawa – Nasrullah Darwis, M.Pd,.

Hadir pula Kepala Sekolah SMKN 2 Sumbawa Besar – Khaerudin, S.Pd, M.Pd,. Chief Administration Officer PT Trakindo Utama – Yulia Yasmina, Wakil kepala sekolah serta para guru dan tenaga kependidikan SMKN 2 Sumbawa. (Nuansa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.