Kurangi Dampak Pemanasan Global, Wabup Novi Tanam Pohon di DAS Saliper Ate

oleh -1596 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Kurangi dampak pemanasan global, Wakil Bupati Sumbawa – Hj Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd,. melakukan penanaman pohon secara simbolis di Daerah Aliran Sungai Saliper Ate, Rabu (23/08/2023).

Turun mendampingi Wabup Novi Kapolres Sumbawa, Kejaksaan Tinggi Negeri Sumbawa, dan Kasdim 1607 Sumbawa, serta Ketua Bhayangkari.

Pemanasan global Wabup Novi mengatakan bahwa, penanaman bibit pohon ini terlebih dahulu telah dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia pada tanggal 18 Agustus 2023 di 76 tempat.

Adapun tujuan penanaman pohon ini kata Wabup adalah untuk mengurangi efek pemanasan global, memberi oksigen bagi kita semua, menyediakan tempat tinggal bagi hewan dan dapat mencegah banjir, pencemaran udara, menyimpan air hujan serta menjaga cadangan air tanah.

BACA JUGA  Bertambah 15 Orang Positif Covid-19 di NTB, 5 Orang Sembuh

Wakil Bupati juga mengajak kepada warga masyarakat untuk bersama-sama melestarikan dan melakukan penghijauan di Daerah Aliran Sungai dengan melakukan penanaman pohon.

Penanaman pohon ini lanjut Wabup, tidak hanya dilakukan di Kabupaten saja namun juga dilakukan di tingkat kecamatan dan desa, tujuannya adalah untuk reboisasi atau penghijauan, mencegah banjir serta mengurangi efek pemanasan global.

“Kepada Masyarakat atau warga yang sudah menanam bibit pohon jangan hanya ditanami saja tetapi harus dirawat serta dijaga dengan membuat jadwal untuk melakukan penyiraman terhadap tanaman yang telah ditanam,”ungkap Wabup.

Sementara Kapolres Sumbawa, AKBP Heru Muslimin, SIK,. MP,. yang diwakili Kabag OPS Polres Sumbawa – Mulyadi megatakan, jumlah pohon yang ditanam serentak di Kabupaten Sumbawa hari ini sebanyak 1000 pohon.

BACA JUGA  Ketua DPRD Sumbawa Alokasi Pokir untuk Bangun Markas Tagana

“Untuk setiap Polsek mendapat 50 pohon sedangkan Polres Sumbawa mendapat 200 bibit pohon yang terdiri dari bibit pohon durian, bibit pohon alpukat, bibit pohon mahoni dan bibit pohon sengon,” pungkasnya. (Nuansa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.