Pajak Gratis, Puluhan UMKM Bahagia Ramaikan Festival Qasidah Tingkat NTB 2023

oleh -823 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Sebanyak 62 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bahagia ikut hadir meramaikan acara festival Qasidah dan Bintang Vokalis yang dilaksanakan selama tiga hari mulai 2-4 Agustus 2023 di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, Jalan Garuda, Sumbawa Besar.

Kebahagiaan tersebut setelah pemerintah daerah melalui Dinas KUKMindag menggratiskan pajak bagi UMKM yang dilibatkan dalam meramaikan gelaran festival tingkat provinsi 2023 ini.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas KUKMindag Kabupaten Sumbawa, Dr Dedi Heriwibowo kepada media ini, Kamis (03/08/2023).

Menurut Kadis Dedi, dengan menggratiskan pajak bagi UMKM yang dilibatkan pada festival Qasidah kali ini diharapkan para pelaku UMKM ini bisa mandiri ke depannya selain agar dapat memperkenalkan keberadaan UMKM Sumbawa di NTB.

BACA JUGA  Resahkan Warga, 17 Knalpot Racing Diamankan Polisi di Sekolah

memperkenalkan produk UMKM itu sendiri serta yang terpenting memberi penghasilan dari hasil penjualannya tanpa memikirkan pengeluaran untuk pajak.

“Kita mengambil pengalaman pada saat MXGP kemaren, banyak UMKM kita yang rugi apalagi di hari pertama dan setelah hari kedua baru UMKM kita bisa ada sedikit untung dan sekarang di Festival Qasidah ini kita gratiskan Pajak namun mereka akan membayar ke forum UMKM nya karena ke depan kita ingin UMKM ini menjadi koperasi,” ujar Doktor Dedi.

UMKM ini kata Doktor Dedi, tidak semuanya sudah mandiri, ada yang masih dalam tahap merintis yang butuh support dan bantuan namun ada juga yang sudah mandiri sekitar 20an UMKM dan merekalah yang selama ini selalu tampil setiap ada event event.

BACA JUGA  Demi Kesejahteraan Petani Garam, Wabup Novi Kunjungi PT Sumatraco Langgeng Makmur

“Para peserta LASQI ini ada yang membawa 100 orang per kontingen. Jadi bisa kita bayangkan berapa orang yang belanja selama festival berlangsung dan tentu akan membuat UMKM kita semakin semangat setiap ada event digelar,” jelas Kepala Dinas Koperasi UKMIndag.

Dikatakan, memang dari panitia kabupaten yang diketuai oleh Asisten 3 sudah menyiapkan keterlibatan UMKM dalam setiap ada event seperti ini.

“Untuk konsep keberadaan UMKM di acara Lasqi ini menyatu dalam kegiatan. Awalnya memang ada ada ide rencana UMKM nya ditempatkan di Taman Mangga tetapi, setela dievaluasi, stand UMKM diletakkan di depan kantor dan di dalam halaman agar para pengunjung lebih mudah untuk berbelanja,” terangnya.

BACA JUGA  Diskominfotiksandi Gelar Rapat Persiapan Program Gerakan Menuju 100 Smart City

Lanjutnya, para pelaku UMKM yang tergabung di forum UMKM Kabupaten Sumbawa, sangat senang dengan adanya event ini ditambah dengan digratiskan nya pajak.

“Sekarang ini kami dorong mereka untuk partisipasi. Bahkan mereka hadir dengan membawa tenda tenda mereka yang selama ini dipakai di Car Free Day Samota Sunday Morning. Kita dari dinas membantu fasilitasi listriknya saja,” ungkapnya.

Ditambahkan, para pelaku UMKM kali ini umumnya menjual aneka makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan para peserta dan tamu yang datang kabupaten/kota di NTB.

“Selain makanan, stan stan UMKM tersebut juga menjual aneka cinderamata yang menarik. Kita berharap ke depan Forum UMKM ini dapat kita jadikan Koperasi,” pungkas kadis. (Nuansa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.