Dea Guru Syukri Rahmat Terpilih Kembali Menjadi Ketua MUI Sumbawa

oleh -2131 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Setelah melalui proses berdasarkan peraturan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Majlis Ulama Indonesia (MUI), Dea Guru Syukri Rahmat, S.Ag,. MM.Inov,. akhirnya terpilih kembali untuk mengemban amanah sebagai Ketua MUI Kabupaten Sumbawa periode 2023-2028.

Terpilihnya Dea Guru Syukri Rahmat telah melalui proses dan mekanisme Musda ke-IX yang digelar di Hotel Grand Samawa, Sumbawa Besar selama Sabtu-Ahad 9-10 September 2023.

Musda MUI ini dilaksanakan melalui 4 sidang pleno, yakni, pembahasan tatib dan jadwal acara, laporan pertanggung jawaban pengurus periode 2018 – 2023, sidang komisi komisi yang terbagi dalam 3 komisi dan pemilihan Ketua serta pengurus oleh Tim Formatur.

Adapun 9 tim formatur terdiri dari dua orang pengurus periode 2018-2023, satu dari Dewan Pertimbangan MUI, satu dari Sharing Komite, satu dari Panitia Pelaksana, dan 4 orang berasal dari perwakilan Kecamatan yang secara kewilayahan dibagi dalam perwakilan Timur, Barat, Tengah, dan Selatan.

BACA JUGA  Ribut di Seketeng, Seorang Remaja Menjadi Korban Tebasan Cerurit

MUISebelumnya, Bupati menyampaikan terima kasih kepada MUI Kabupaten Sumbawa, karena telah menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah.

Menurut Bupati, Sinergi MUI bersama Pemerintah Daerah telah terbukti mampu memberikan dampak positif, seperti dalam pengembangan pendidikan agama, pemberdayaan masyarakat, serta program-program kemanusiaan.

Keberadaan ulama kata Bupati, sangat dirasakan manfaatnya di tengah masyarakat. Sebab, ulama sangat berperan penting menjaga kondusifitas di Kabupaten Sumbawa.

“Kondusifitas Sumbawa luar biasa dibanding dulu. Ini berkat peran MUI. Peran ulama,” ujar Bupati saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) ke-IX Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumbawa, Sabtu Sore (09/09/2023).

Menjelang pemilu serentak 2024 mendatang, bupati mengajak semua pihak untuk menjaga stabilitas dan kedamaian dalam proses demokrasi. Guna menciptakan suasana yang kondusif dan harmonis, serta memberikan panduan kepada umat dalam memilih pemimpin yang amanah dan berkomitmen untuk kesejahteraan bersama.

BACA JUGA  Personel Berprestasi, Kapolres Sumbawa Berikan Reward

Semua elemen masyarakat juga diajak untuk meningkatkan kolaborasi dan komunikasi yang lebih baik antara pemerintah dan ulama. Dalam rangka menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pembangunan berkelanjutan. Sehingga Kabupaten Sumbawa semakin dikenal sebagai daerah yang berkeadaban, religius, berbudaya, dan sejahtera.

MUISementara Ketua MUI Provinsi NTB Prof. Dr. Saiful Muslim, MM,. mengapresiasi peran MUI Sumbawa selama kepengurusan Syukri Rahmat, S.Ag. MM.Inov. Sebab, kinerja para pengurus MUI Kabupaten Sumbawa selama lima tahun belakangan ini sangat baik.

“Luar biasa pak Syukri. Saya buktikan, saya lantik pertama sampai lima tahun kemudian, hari ini kita menyaksikan bagaimana masyarakat memberikan apresiasi kepada MUI,” katanya.

Kebanggaannya juga disampaikan kepada Bupati Sumbawa yang konsisten memberikan dukungan bagi MUI. Bahkan pihaknya menilai Bupati Sumbawa menjadi salah satu pimpinan daerah yang paling dekat dengan MUI.

BACA JUGA  Produksi Setiap Tahun Meningkat, Jagung Komoditas Unggulan di Sumbawa

“Terimakasih atas atensi bupati yang dapat hadir. Semoga ini menjadi tambahan support bagi MUI, sehingga dapat lebih berperan lagi untuk membantu tugas-tugas keagamaan,” pungkasnya. (Nuansa/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.