Jango Partai, Bawaslu Sumbawa Datangi DPC Hanura Bahas Baliho Caleg

oleh -2543 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Bawaslu Kabupaten Sumbawa terus menyambangi semua partai politik peserta Pemilu 2024. Setelah mendatangi sejumlah parpol melalui kegiatan “Bawaslu Sumbawa Jango Partai”,

Kini giliran Partai Hanura yang dikunjungi Komisioner Bawaslu beserta jajarannya yang disambut hangat Ketua DPC Hanura dan pengurus di Kantor Sekretariat, Jalan Mawar, Kelurahan Bugis, Kamis (28/09/2023) pagi.

HanuraDalam kesempatan itu Ketua Bawaslu, Arnan Jurami, SIP,. didampingi dua komisioner lainnya, A. Malik, SE,. dan Ubaidillah, M.Pd,. mengatakan bahwa Jango Partai yang intens dilaksanakan ini dalam rangka menjalin silaturahim untuk menyamakan persepsi guna menyukseskan Pemilu 2024.

Pada silaturahim ini, kata Arnes sapaan akrabnya, Bawaslu mengingatkan tentang aturan dan tahapan Pemilu. Salah satunya adalah PKPU No. 15 Tahun 2023 yang mengatur tentang kampanye pemilihan umum.

BACA JUGA  Ketua Baleg DPR RI Dr Supratman Tegaskan Isu PPS Masih Liar, Silahkan Bantah

Berdasarkan laporan masyarakat dan fakta di lapangan bahwa marak pemasangan baliho Caleg yang berkonten kampanye. Padahal saat ini belum memasuki masa kampanye.

Caleg melalui balihonya menunjukkan citra diri dengan mencantumkan foto dan nomor urut. Ada juga berkonten ajakan, menyampaikan visi misi dan lainnya.

“Kami banyak menerima laporan masyarakat terkait pemasangan alat peraga sosialisasi (APS) ataupun alat peraga kampanye (APK) ini. Dari sisi regulasi ini termasuk pelanggaran. Namun saat ini Bawaslu belum bisa melakukan tindakan penertiban,” jelas Arnes.

Untuk penertibannya, sambung Arnes, menjadi ranah Pemda Sumbawa melalui Satpol PP dengan perangkat Perdanya apabila menemukan pemasangan baliho berada di titik-titik yang dilarang, maupun dianggap mengganggu estika kota dan ketertiban umum masyarakat.

BACA JUGA  Pameran MXGP Samota 2023 akan Diramaikan 350 UMKM

Untuk diketahui, Jango Parpol di Sekretariat Hanura berlangsung dinamis. Banyak masukan pengurus dan para Caleg partai tersebut yang disampaikan kepada Bawaslu.

Di antaranya masukan dari Partai Hanura yakni, meminta Bawaslu intensif melakukan pengawasan melekat terhadap praktek money politic, dan ASN yang terlibat politik praktis.

Menjawab hal itu, Arnes menegaskan akan memaksimalkan pengawasan, di samping dukungan masyarakat dalam memberikan informasi maupun pengaduan terhadap adanya praktek money politic.

Untuk pencegahan keterlibatan ASN dalam politik praktis, Bawaslu telah meminta Pemda Sumbawa membentuk tim pengawasan internal, di samping pengawasan yang dilakukan jajarannya.

“Jangankan memberikan dukungan langsung kepada para caleg ataupun parpol tertentu, ASN foto dengan Caleg, bahkan mengomentari ataupun meng-like status Caleg di media social, juga dilarang keras,” tambah Ubaidillah.

BACA JUGA  Target Tercapai, Relawan Caleg DPR RI Hj Rahmawati Padati Posko Pemenangan

Sebelumnya Ketua DPC Hanura Kabupaten Sumbawa, Muhammad Yamin SE., M.Si didampingi Sekretaris, Cecep Lisbano S.IP., M.Si,. menyambut positif kegiatan Jango Parpol yang dilakukan Bawaslu Sumbawa.

Ketua Hanura berharap dengan kepengurusan baru, Bawaslu dapat melakukan pengawasan secara maksimal dan tidak bertindak di luar atau yang belum menjadi kewenangannya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.