Truk Bermuatan Kayu Sonokling Berhasil Diamankan Polsek Rhee dan TNI

oleh -3720 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Gerak cepat pihak kepolisian dari Polsek Rhee, Polres Sumbawa dan TNI Kodim 1607 Sumbawa Koramil 1607/09 Rhee mengamankan truk yang membawa muatan kayu Sonokling tanpa dilengkapi surat lengkap di Desa Luk, Kecamatan Rhee pada Senin malam pukul 19.30 Wita.

Kapolres Sumbawa, AKBP Heru Muslimin SIK, MH, yang dikonfirmasi melalui Kapolsek Rhee, Ipda Hari Rustaman, SH, mengatakan bahwa tindakan ini dilakukan berdasarkan informasi dari masyarakat.

“Kami mendapat informasi dari masyarakat terkait adanya truk bermuatan kayu sonokeling yang dihentikan oleh warga di Desa Luk,” ujar Kapolsek.

Dari informasi tersebut lanjut IPDA Hari, pihaknya langsung bergerak bersama TNI dan menginterogasi sopir truk. Setelah dimintai keterangan sementara, truk dan sopir kemudian dibawa ke Mapolres Sumbawa.

BACA JUGA  Gerebek Kosan Belakang Terminal, Polres Sumbawa Amankan Puluhan Jerigen Miras

Selain itu, kata Kapolsek Hari, pihaknya juga mengamankan 3 orang yaitu sopir dan kenek truk.

“Kini mereka dimintai keterangan oleh anggota satreskrim, terkait asal kayu dan tujuan kayu tersebut akan dibawa,” tutup kapolsek.

Terpisah, Dandim 1607/ Sumbawa, Letkom Czi, Eko Cahyo Setiawan, SE, M. Han, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah membantu aparat TNI dan Polri dengan memberikan informasi terkait truk muatan kayu tanpa surat lengkap tersebut.

Setelah menerima informasi tersebut, anggota TNI juga segera bergabung untuk membantu kepolisian dalam mengamankan truk bermuatan kayu.

“Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan melaporkan aktivitas mencurigakan terkait ilegal logging kepada pihak berwenang terdekat,” pungkas Dandim.

BACA JUGA  Ribuan Massa di Sumbawa Dukung Bela Palestina dan Minta Presiden Mainkan Peran

Sebelumnya, Kepala Desa Luk, Junaidi, melalui WA Group Sabalong Samalewa melaporkan telah mencegat truk yang melintas malam hari di jalan usaha tani Desa Luk.

Karena curiga, warga kemudian menghentikan truk. Dan benar saja truk tapan nomor polisi itu memuat balok kayu Sonokling diduga dibawa dari hutan setempat.

“Kami mencurigai, karena di wilayah hutan kami banyak kayu Sonokling yang kami lindungi. Sekarang truk dan sopir sudah diamankan ke Mapolres Sumbawa,” jelas Junaidi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.