Wabup Novi Buka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Program Upland

oleh -3217 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd,. secara resmi membuka kegiatan “Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf Pemerintah Program Upland Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa di Aula Hotel Grand Samota, Senin (23/10/2023).

Turut hadir pada kegiatan ini, konsultan Upland NTB, Kepala Dinas Pertanian Sumbawa, nara sumber dan tim penyuluh pertanian.

Kegiatan yang diikuti oleh penyuluh pertanian ini, dihajatkan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi para peserta dalam menerapkan praktik pertanian yang baik dan berkelanjutan.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan hasil panen bawang merah, serta mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd,. mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa ini.

BACA JUGA  Bawa Ratusan Gram Sabu, Pria Asal Muer Diringkus Polisi

Menurut Wabup, kegiatan pelatihan merupakan langkah konkrit dalam mendukung peningkatan produktivitas dan kualitas hasil pertanian khususnya bawang merah di wilayah Kabupaten Sumbawa.

Keberhasilan ini kata Wabup, tentunya tidak lepas dari peran Kementerian Pertanian RI sebagai pelopor rehabilitas jaringan irigasi tersier terutama di wilayah rawan kekeringan.

Kepada para peserta, Wabup Novi, berpesan agar senantiasa aktif bertukar pengalaman dan pengetahuan, serta menjalin kerja sama yang erat untuk mencapai hasil yang lebih baik.

“Mari kita secara bersama-sama untuk bisa berkolaborasi dan bersinergi agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan kita bersama,” ungkap Wabup.

Sementara, Kadis Pertanian Kabupaten Sumbawa_ Ir. Ni Wayan Rusmawati, M.Si,. selaku ketua Panitia, dalam laporannya menyampaikan bahwa, para petani yang ada di Kabupaten Sumbawa sudah betul-betul mengikuti pola tanam yang telah disepakati bersama.

BACA JUGA  Penjualan Tiket MXGP Baru 8000, Harga 50 Ribu Bisa Nonton 2 Hari

“Untuk angka tanam sampai dengan bulan Oktober berjumlah 675 Ha yang tersebar dibeberapa kecamatan dibagian barat terutaman dilokasi yang memiliki sumber air,” jelas Kadis Rusmawati.

Lanjut Kadis, untuk program Upland dari 800 Ha hingga tahun 2024 mendatang terdapat peningkatan pengembangan lahan seluas 862 Ha untuk bawang merah.

“Walaupun saat ini harga bawang merah merosot tajam, namun tidak menyurutkan semangat para petani yang walaupun mendapat keuntungan yang tidak seberapa,” katanya.

Untuk diketahui Kabupaten Sumbawa mendapat peringkat ke-4 se-Indonesia untuk penyediaan bawang, mudah-mudahan ditahun yang akan datang Kabupaten Sumbawa dapat menduduki peringkat ke-3 dalam penyaluran bawang merah se- Indonesia, pungkas Kadis Rusmawati. (Nuansa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.