Fraksi Demokrat DPRD Sumbawa Minta Pemda Lakukan Pemetaan Khusus Tangani Hutan

oleh -2935 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Anggota DPRD Sumbawa, meminta Pemerintah Daerah serius menangani kondisi hutan yang semakin memperhatikan di Kabupaten Sumbawa ini.

Salah satu Anggota DPRD Fraksi Demokrat, Basaruddin disela-sela rapat di DPRD Sumbawa, menekankan pentingnya dilakukan pemetanaan hutan, baik hutan lindung, hutan kawasan dan hutan produksi.

“Ini harus jelas. Harus ada pemetanaan khusus. Mana hutan lindung, hutan kawasan dan produksinya,” ujar Basaruddin, Selasa (31/10/2023).

Dikatakannya, dengan pemetaan yang jelas, akan menghindarkan masyarakat menguasasi lahan yang tidak seharusnya. “Jadi jangan sampai ada gunung yang ada SPPT-nya. Sehingga pemetaaan ini menjadi penting,” ucapnya.

Selain pemetaan khusus, musti ada pelarangan terhadap masyarakat untuk menanam jagung pada kondisi lahan dengan kemiringan tertentu. Sehingga erosi tanah tidak terjadi secara drastis saat datangnya hujan.

BACA JUGA  Cegah TPPO Melalui Pemberdayaan, Ketua Rafiq Ratas Bersama Mensos Risma

“Kesadaran masyarakat harus juga dihadirkan. Agar ada pengelolaan lahan secara bertanggungjawab dan berkesinambungan,” jelasnya.

Selain itu, Badaruddin juga menilai, saat ini pemerintah bersama aparat, diminta lebih optimal lagi dalam melakukan pencegahan pembabatan hutan secara tidak bertanggungjawab.

“Kami minta Petugas yang bertanggungjawab lebih maksimal lagi, upayakan dengan patroli dan upaya lainnya. Namun sejauh ini Pemerintah sudah melakukan upaya luar biasa, tinggal bagaiman berupaya melakukan penghijauan kembali untuk mengembalikan fungsi hutan,” Katanya.

Sedangkan untuk mencegah praktek illegal logging, musti terjalin sinergi semua unsur. Baik masyarakat, TNI, Polri dan pemerintah hingga tingkat bawah.

Ia mencotohkan, di Desa Juran Alas Kecamatan Alas, telah didirikan pos penjagaan khusus untuk mengawasi praktek illegal logging.

BACA JUGA  Bapemperda DPRD Sumbawa Jelaskan 4 Ranperda Usul Inisiatif DPRD Tahun 2023

“Disitu ada peran Babinsa, Babinkantibmas, pemerintah desa, ada pos untuk menghadang pelaku illegal logging. Ini se-kecamatan (alas) dilakukan disana,” ungkapnya,

Anggota DPRD asal Alas ini berharap, agar tindakan dilakukan di wilayah Alas dapat juga dilakukan di wilayah lain untuk mengawasi praktek illegal logging yang membuat kondisin hutan memperihatinkan ini, pungkasnya.(Nuansa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.