Ketua DPRD Sumbawa Jemput Program ke Kementerian PUPR

oleh -3806 Dilihat
oleh

Jakarta, NuansaNTB.id- Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq SH mengajak Camat Plampang dan 11 kepala desa berkonsultasi ke Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR di Jakarta, pada Oktober 2023 lalu.

Kedatangan rombongan Ketua DPRD Sumbawa disambut hangat Ketua Tim Pendukung Kegiatan Jalan Daerah Wilayah Timur Dirjen Bina Marga, Evrillisia Rahayu ST., MT dan Gemi Puspa Dwi Putra, ST.

Ketua DPRD pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya atas kesediaan Tim Dirjen Bina Marga menerima mereka dalam rangka konsultasi dan membangun koordinasi dengan pemerintah pusat.

Ketua Rafiq mengaku datang bersama rombongan bukan bermaksud mengabaikan apa yang telah dilakukan eksekutif atau pemerintah daerah, melainkan memperkuatnya sehingga semakin banyak program yang dapat diperoleh daerah dari pusat.

BACA JUGA  DPD PKS Sumbawa Terima Pendaftaran Kader Senior Golkar Ahmadul Kosasi

Menurut Rafiq, banyak hal yang bisa diintervensi pusat. Seperti pembangunan jalan lingkungan di desa juga penting untuk diintervensi pusat mengingat kondisi keterbatasan fiskal daerah.

“Jadi kami datang ke sini untuk membawa langsung usulan perbaikan jalan desa, dan jalan lingkungan,” jelasnya.

Selain itu kedatangannya juga lanjut Rafiq, untuk mengetahui progres 8 usulan pemerintahan daerah seperti pembangunan jalan lingkar luar Alas, Tepal-Bao Desa, Tangkan Pulit-Bao Desa, Mungkin-Kelawis, Lenangguar-Kuang Amo, Kuang Amo-Sempe, Jembatan Lito, dan Jembatan Al Hikmah senilai total Rp. 84.950.000.000.

Menanggapi hal itu, Tim Pendukung Jalan Daerah Wilayah Timur Dirjen Bina Marga, Gemi Puspa Dwi Putra ST menjelaskan, untuk tahun 2023 sudah ada usulan penanganan jalan daerah melalui aplikasi “SITIA”.

BACA JUGA  Polsek Buer Bersama Sat Polairud Evakuasi Warga Meninggal Saat Melaut

Ini dampak dari peristiwa heboh di Lampung, sehingga Presiden Jokowi keliling Indonesia untuk mengecek kondisi jalan. Dari kunjungan presiden ini, pemerintah pusat diintruksikan agar dapat menangani jalan daerah atau Inpres Nasional dengan anggaran Rp 14,7 Triliun.

Untuk usulan Kabupaten Sumbawa pada Tahun 2023 ini ada 3 yang disetujui. Yaitu ruas jalan Lenangguar-Teladan senilai Rp 9 Milyar, pembangunan ruas jalan Sebedo Dalam-Bukit Planing sebesar Rp 22,6 Milyar dan pembangunan jalan baru Samota Rp 74,2 Milyar.

“Tiga kegiatan ini yang masuk list kegiatan Inpres Jalan Daerah dalam daftar proyek prioritas DPP 14,7 T,” pungkasnya. (Nuansa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.