Potensi Tembakau di Tolo’oi Sangat Besar, Dewan Fauzi Dorong Pemerintah Serius

oleh -3696 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, Muhammad Fauzi, S.Ap,. menyoroti kunjungan Wakil Bupati Sumbawa ke Temanggung, Jawa Tengah beberapa waktu lalu yang mengangkat tentang kesuksesan UMKM tembakau.

Menurut Fauzi sapaan akrab Politisi muda PKS ini, potensi tembakau di kabupaten sumbawa sangat besar terutama di Desa Tolo’oi, Mata, Kecamatan Tarano.

“Sumbawa memiliki potensi tembakau yang tidak kalah dengan daerah lain terutama daerah tujuan Wakil Bupati kunjungan kerja saat itu ke Temanggung,” ujar Fauzi, Rabu (08/11/2023).

Di Tarano khususnya Tolo’oi kata Fauzi ada sekitar 220 hektar lahan tembakau yang bila mendapat dukungan serius dari pemerintah maka wilayah tersebut bisa menjadi daerah industri tembakau terbaik di sumbawa yang tidak akan kalah dengan daerah lain.

BACA JUGA  Kabupaten Sumbawa Ditetapkan Sebagai Salah Satu KTN di Indonesia

“Kami di DPRD mendorong agar pemerintah dapat memberikan perhatian serius terkait potensi tembakau di sumbawa khususnya Tarano, Tolo’oi,” harap Politisi Muda asal Desa Tolo’oi ini.

Tembakau ini lanjut Fauzi, tidak membutuhkan banyak air seperti tanaman lainnya dan juga dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi dengan kisaran ketinggian tertentu dan sejauh ini, petani tembakau di Tolo’oi Mata rata-rata semuanya sukses.

Dengan dukungan pemerintah dan keseriusan masyarakat maka tidak menutup kemungkinan peluang UMKM tembakau untuk berkembang sebagaimana yang Wakil Bupati harapkan akan tercapai.

“Semoga tembakau ini bisa menjadi salah satu program unggulan Dinas Pertanian Sumbawa dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa saat ini sehingga harapan kita menjadikan Sumbawa menjadi tempat pengembangan industri tembakau dapat tercapai demi Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban,” pungkas Fauzi. (Nuansa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.