Jadi Tuan Rumah PON 2028, KONI Pusat Kunjungi Sumbawa

oleh -2342 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id  – Tim KONI pusat didampingi Ketua KONI Provinsi NTB, akan berkunjung ke Kota Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa, Rabu (06/12/2023) esok.

Kedatangan rombongan KONI ini untuk melakukan monitoring dan evaluasi terkait keberadaan sarana prasarana olahraga dalam rangka menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028 setelah penetapan NTB dan NTT sebagai tuan rumah.

“Besok (Rabu) tim dari KONI pusat bersama Ketua KONI NTB Bapak Mori Hanafi datang ke Sumbawa untuk monitoring dan bertemu dengan jajaran Pemda untuk kesiapan venue PON 2028,” ungkap Ketua KONI Sumbawa, Abdul Rafiq SH usai bertemu Bupati Sumbawa di Pendopo 1, Selasa (05/12/2023).

Dikatakan Rafiq, untuk Sumbawa direncanakan ada dua cabang olahraga PON yang digelar di Kota Sumbawa Besar yaitu panahan dan beladiri. Namun Cabor PON yang digelar di Sumbawa ini kemungkinan akan bertambah dengan adanya telaahan kawasan Samota yang diplot sebagai pusat sarana olahraga.

BACA JUGA  Unggul di Race 2, Romain Febvre Juarai MXGP Samota 2023

“Jika hasil monitoring, Kawasan Samota dianggap layak, maka kita akan dapat bantuan pembangunan venue PON di Samota. Jika tidak, GOR Cendrawasih dan Stadion Pragas bisa menjadi alternative. Minimal dua lokasi ini direvitalisasi,” jelasnya.

Pada prinsipnya, kata Rafiq, Sumbawa sangat siap menjadi tuan rumah PON. kesiapan infrastruktur, mulai dari ketersediaan lahan, keberadaan gedung olahraga, serta memiliki masterplan sarana olahraga di kawasan Samota, akan menjadi posisi tawar bagi Sumbawa untuk pelaksanaan PON.

“Semoga mimpi besar ini bisa terwujud, karena akan memberikan multiplier effect positif bagi masyarakat dan daerah ini,” imbuhnya.

Sementara terkait dengan kesiapan atlit lanjut Rafiq yang juga Ketua DPRD Sumbawa ini menyatakan sudah dilakukan sejak dini.

BACA JUGA  Selamat !!! Pecatur Putri Asal Lape Lolos Pra PON Bandung Jabar

“Kita berkaca dari PON Aceh, Sumbawa berhasil meloloskan belasan atlitnya. Dengan pembinaan yang intensif dilakukan dan kerap mengikuti berbagai event, kita optimis banyak atlit Sumbawa yang lolos mengikuti PON, dan raihan prestasi akan lebih baik dari sebelumnya,” pungkas Ketua Rafiq. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.