Ketua DPRD Rapat Evaluasi Rancangan Perda Kabupaten Sumbawa tentang APBD Tahun Anggaran 2024

oleh -2463 Dilihat
oleh

Mataram, NuansaNTB.id- Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq SH mengikuti rapat Evaluasi dan Klarifikasi Rancangan Perda Kabupaten Sumbawa tentang APBD Tahun Anggaran 2024 di Kantor BPKAD Provinsi NTB, Jum’at (19/12/2023)

Hadir sebagai pimpinan rapat asisten 3 H.Wirawan Ahmad S.SI.MT bersama tim evaluator Pemerintah Provinsi NTB, dari Kabupaten Sumbawa hadir Wakil Ketua DPRD Nanang Nasiruddin SAP M.M.Inov, Ahmadul Kusasi SH, Adizul Syahabuddin SP.M.Si. Sekretaris Daerah Drs. H Hasan Basri MM. Kepala Bappeda ES Adi Nusantara ST bersama jajaran Bappeda, kepala BKAD Didi Hermansyah SE bersama jajaran, Sekretaris Bappeda Aulia Usman SE.M.Ec Dev. Sekretaris DPRD Ir. A Yani dan jajaran.

Dalam kesempatan tersebut H Wirawan menyampaikan bahwa saat ini kita design rapat evaluasi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, hal kedua Penerimaan SK langsung diberikan setelah evaluasi selesai sehingga implementasi dapat segera dilakukan untuk mengakselerasi kegiatan dalam rangka NTB Maju Melaju.

BACA JUGA  Ketua Komisi IV DPRD Sumbawa, Ismail Mustaram SH Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M Mohon Maaf Lahir & Batin

“Keputusan Gubernur mengenai hasil evaluasi dapat segera diterima sehingga ranperda APBD 2024 dapat segera disempurnakan dan diimplementasikan,” ujar H Wirawan.

Dalam pertemuan tersebut disinggung terkait dengan belanja earmark bahwa Kabupaten Sumbawa telah memenuhi untuk anggaran pendidikan Rp. 694, 98 Milyar atau 34.93 % hal ini telah memenuhi ketentuan minimal 20 % dari total belanja daerah.dan Anggaran kesehatan Rp. 290,41 Milyar atau 13, 83 % dari total belanja daerah diluar gaji.

Demikian pula Anggaran Bagi Hasil PDRD Rp. 8,83 Milyar atau 10 % hal ini telah memenuhi 10 dari ketentuan PDRD, ADD Rp. 126, 65 Milyar atau 12,02 % dari ketentuan 10 %.

Meskipun demikian ada beberapa masukan dari tim evaluator untuk disempurnakan yakni Anggaran Kompetensi SDM dan Anggaran pengawasan.

Terkait dengan Pendapatan Daerah ditargetkan sebesar Rp 2,02 Triliun, dengan PAD sebesar Rp 257,27 Milyar terdiri dari pajak daerah Rp 75,89 Milyar, Retribusi daerah Rp 12,42 Milyar, Hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan Rp 14,83 Milyar dan Lain lain pendapatan asli Daerah yang sah Rp 154, 14 Milyar.

BACA JUGA  Ketua DPRD Pertanyakan Progres Eksplorasi Dodo Rinti oleh PT AMNT

Sementara pendapatan transfer ditargetkan Rp 1.73 Triliun dan lain lain pendapatan daerah yang sah Rp 34,56 Milyar.

Terhadap pendapatan daerah tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Sumbawa diminta agar realistis cermat dan berhati-hati dalam perencanaan target pendapatan daerah sehingga dapat dicapai secara rasional berdasarkan pada potensi pendapatan daerah dimaksud.

Sementara itu menurut tim evaluator bahwa terkait dengan tahapan dan jadwal proses penyusunan APBD secara umum sudah memenuhi mulai dari penetapan RKPD, hingga penyampaian rancangan perda tentang APBD dan rancangan perkada tentang penjabaran APBD untuk dievaluasi hingga diterima oleh Gubernur pada tanggal 4 Desember 2023 lalu dan dinyatakan lengkap oleh Gubernur dokumen rancangan Perda tentang APBD rancangan Pilkada tentang penjabaran APBD untuk dievaluasi.

BACA JUGA  Warga Irian Doakan Waka Ansori Menjadi Ketua DPRD dan Minta Suarakan Sembako Murah

“Secara umum, Rancangan Perda APBD Kabupaten Sumbawa tidak ada masalah, tim pemkab Sumbawa telah menyahikan dengan Prudent dan berkualitas yang walaupun ada pengalokasian belanja yang belum dipenuhi namun bukan disengaja namun karena anggaran terbatas. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sumbawa atas kolaborasi yang telah terjalin dengan baik dan kuat,” terang Wirawan.

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq SH menyampaikan terima kasih sudah melakukan evaluasi terhadap ranperda APBD Kabupaten Sumbawa. Tadi uudah diterima

SK Evaluasi Gubernur NTB terhadap Ranperda APBD Kabupaten Sumbawa. Apa yang menjadi evaluasi hari ini akan kami sempurnakan sesuai arahan evaluator, “Saya bersama Pemda Sumbawa sepulang dari sini akan bertemu kembali untuk membahas lebih dalam sehingga APBD kita dapat segera ditetapkan dan diimplementasikan,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.