Program TJSL, PLN UP3 Sumbawa Bantu Petani Bawang di Kecamatan Plampang

oleh -2880 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- PLN UP3 Sumbawa bersama dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Parak Olat yang berada di desa Brangkolong, Kecamatan Plampang, Kabupaten Sumbawa melakukan sinergi dalam hal penerangan dan supporting budidaya bawang.

Sebagian besar petani bawang di desa tersebut masih menggunakan cara tradisional dalam pengusiran hama yang berpotensi merusak hasil budidaya bawang merah.

Cara yang dilakukan yakni dengan pemberian pupuk di pagi dan sore hari. Namun masyarakat juga belum mengetahui bahwa terdapat cara tambahan yang sangat efektif untuk pengusiran hama tersebut.

Adapun cara tersebut yakni menggunakan cahaya lampu dimalam hari sebagai penerangan sekaligus pengusir hama. Lampu juga dapat mengganti sebagian kecil peran matahari (penghantar panas) sebagai perangsang tambahan untuk bawang merah.

BACA JUGA  Belasan Rumah Warga di Lopok Rusak Akibat Angin Puting Beliung

Cahaya lampu ultra violet ini juga dapat menarik hama untuk langsung mendekati lampu tersebut yang di bawah nya terdapat air yang sudah di campur dengan deterjen. Ketika hama tersebut menghampiri cahaya lampu yang ada di genangan air tersebut maka akan dapat membunuh dan mengurangi hama yang akan menyerang tanaman bawang.

Dengan mengusir hama yang dapat merusak bawang maka akan sejalan dengan hasil panen dengan kualitas dan kuantitas yang bagus. Kualitas bagus dan kuantitas yang banyak tentu saja akan seiring dengan penambahan penghasilan yang akan di rasakan oleh para pelaku budidaya bawang merah tersebut.

Harapanya dengan adanya bantuan dari PLN para petani bawang dapat memaksimalkan penggunaan lampu untuk dapat meningkatkan hasil panen dan turut mensejahterakan para petani bawang. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.