BPBD Sumbawa Siapkan Anggaran Kebutuhan Air Bersih Korban Banjir

oleh -743 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa telah mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan air bersih bagi korban banjir.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumbawa, Rusdianto AR, M.Pd,. menyatakan komitmen untuk menyediakan air bersih sesuai dengan kebutuhan masyarakat terdampak banjir yang kemungkinan terjadi memasuki musim hujan ini.

“Pendistribusian air bersih akan dilakukan secara rutin dan terjadwal, terutama pada wilayah yang sumber air bersihnya terdampak oleh bencana banjir,” ujarnya, Jum’at (12/01/2024).

Rusdianto menjelaskan, walaupun hingga saat ini, belum ada laporan kebutuhan air bersih dari wilayah terdampak banjir.

“Namun, kami tetap siap melakukan distribusi secepatnya jika diperlukan,” tegas Rusdianto.

BACA JUGA  Kapolres Sumbawa Berikan Reward Kepada Personel dan Masyarakat

Sumber anggaran pendistribusian air bersih berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumbawa, khususnya anggaran tak terduga (BTT).

Belasan armada sudah disiapkan untuk pendistribusian, dan pemetaan lokasi telah dilakukan agar respons terhadap kebutuhan mendesak dapat dilakukan dengan cepat.

“Pendistribusian air bersih akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat yang terdampak bencana banjir,” tambah Rusdianto.

Musim hujan di Kabupaten Sumbawa telah menyebabkan beberapa desa, seperti Desa Stowe Berang di Kecamatan Utan dan Desa Bantu Lanteh di Kecamatan Tarano, mengalami bencana banjir. Kecamatan yang rawan banjir juga telah diidentifikasi, termasuk Kecamatan Sumbawa, Labuhan Badas, Moyo Hilir, Moyo Utara, dan sejumlah kecamatan lainnya.

BACA JUGA  Gubernur NTB Bantu Anak Yatim Piatu Di Sape

“BPBD Kabupaten Sumbawa menegaskan kesiapannya untuk terus memonitor situasi dan memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang terdampak bencana,” pungkasnya. (Nuansa/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.