DPRD Gelar Sidang Paripurna dalam Rangka HUT Kabupaten Sumbawa ke-65

oleh -2064 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sumbawa menggelar Sidang Paripurna dalam rangka Peringatan HUT Kabupaten Sumbawa ke 65 Sabtu (20/1/2024).

Sidang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq SH, dan didampingi Wakil Ketua 1 DPRD Drs H Mohamad Ansori, Wakil Ketua 3 Nanang Nasiruddin SAP.,M.M.Inov.

Turut hadir Bupati Sumbawa Drs H Mahmud Abdulllah, Sultan Sumbawa Dewamasmawa Sultan Muhammad Kaharuddin IV., Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, Forkopimda, PJ Sekda Sumbawa Ir Dirmawan, Anggota DPRD Provinsi NTB diantaranya Abdul Thalib, Para Asisten, Kepala OPD, Camat, lurah Se Kabupaten Sumbawa, Tokoh Pendidikan, Budayawan, para tokoh agama, dan Insan Pers.

Pelaksanaan sidang paripurna DPRD diawali dengan Pembacaan Kalam Ilahi dan persembahan Tarian Adat Sumbawa sebagai penyambutan selamat datang kppada para tamu oleh sanggar seni Basai Ate SDN 2 Labuhan Sumbawa.

Dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Abdul Rafiq SH mengungkapkan rasa Syukurnya dan Apresiasi atas kehadiran para tamu undangan.

“Mengawali acara rapat paripurna hari ini, marilah kita persembahkan puji syukur kehadirat Allah swt, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, Alhamdulillah kita sekalian dapat hadir dalam forum yang terhormat ini, guna bersama-sama mengikuti rapat paripurna DPRD Kabupaten Sumbawa dalam keadaan sehat wal ‘afiat. Atas kehadiran bapak, ibu dan saudara- saudara sekalian saya atas nama pimpinan beserta segenap anggota DPRD kabupaten sumbawa menyampaikan penghargaan dan terimakasih yang sebesar-besarnya. Imbuhnya.

BACA JUGA  Meski Tidak Diizinkan Pelindo Badas, Ribuan Masyarakat Antusias Berobat di RS Apung Malahayati

Kemudian lanjutnya. Di usia 65 tahun kabupaten sumbawa dan memasuki usia 3 (tiga) tahun pemerintahan Mo- Novi, berbagai kesuksesan sebagai buah kinerja kolektif dan karya kita semua, telah meraih penghargaan berskala nasional dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia berupa Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2023, Penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM tahun 2023 dari MEnteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, dan peraih Peringkat Nilai Tertinggi Penilaian kinerja kabupaten/kota pelaksanaan aksi konvergensi penurunan stunting provinsi NTB tahun 2023 dan 14 OPD yang meraih predikat mutu layanan sangat baik tahun 2023.

“kedepan, teknologi yang terus berkembang mengharuskan kita untuk berpacu meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dalam tatanan kehidupan digitalisasi yang tak dapat kita hindari sehingga terlahir insan-insan yang profesional. untuk itu, pada peringatan ulang tahun Kabupaten Sumbawa kali ini, kami Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa secara pribadi dan kelembagaan memberikan apresiasi kepada tokoh-tokoh yang telah banyak berkontribusi bagi pembangunan sumber daya manusia khususnya di Kabupaten Sumbawa.

BACA JUGA  Kunker ke DLHK Provinsi, Anggota Komisi 2 Tawarkan Solusi Tangani Hutan Sumbawa

Dalam sidang paripurna tersebut dibacakan keputusan Pimpinan DPRD tentang Penetapan Penerima Penghargaan dalam Rangka Hari Ulang Tahun ke-65 Kabupaten Sumbawa tahun 2024 oleh Sekretaris DPRD Ir. A. Yani. Dan penyerahan penghargaan oleh Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq SH bersama wakil Ketua DPRD dan Bupati Sumbawa. Penghargaan diberikan oleh DPRD Kabupaten Sumbawa kepada sastrawan, budayawan, tokoh pendidikan, tokoh agama, pemerhati penyandang disabilitas dan pemerhati perempuan dan anak

Adapun penerima penghargaan adalah H. Dinullah rayes (Sastrawan), Mustakim Biawan (Sastrawan), Aries Zulkarnain, S.Pd.,M.M.Inov, (Budayawan) Wahyuddin latief (Budayawan) H. Hasanuddin, s.pd (Budayawan) Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, M.Pd (Tokoh Pendidikan), Prof. H. Iwan Jazadi, S.Pd,.M.Ed,.Ph.D, (Tokoh Pendidikan) Chairul Hudaya, Ph.D., (Tokoh Pendidikan), Syukri Rahmat, S.Ag.,M.M.Inov, (Tokoh Agama), H. Faisal SAlim, S.Ag.,M.M.Inov (Tokoh Agama), Baiq hadijah (Pemerhati Penyandang Disabilitas), Fatriatul Ananda, S.Pd (Pemerhati Perempuan dan Anak)

Dipenghujung acara Ketua DPRD menyampaikan Peringatan HUT selain menjadi momentum evaluasi bersama, juga diharapkan menjadi penguat kolaborasi berbagai pihak untuk meningkatkan dan memperkuat peradaban tana samawa, sebagai adiluhung dan warisan yang memiliki nilai kehidupan yang menjadi kiblat yang dapat dilaksanakan secara universal.

Nilai-nilai tersebut teraktualisasi dalam beragam tradisi dan praktek budaya, pemerintahan, hukum, adat, seni, sastra, festival dan ritual yang dimaknai sebagai bukti akan peradaban dan tradisi budaya yang masih terus dilestarikan sampai sekarang, meneguhkan kembali nilai adat dan budaya tau samawa “adat barenti ko syara’, syara’ barenti ko kitabullah”, dalam pergaulan global menuju masa depan bangsa yang maju dan berkelanjutan.

BACA JUGA  Dari 157 Desa di Sumbawa, Delapan Sudah Merampungkan APBDes 2023

“Catatan akhir memasuki 65 tahun kabupaten sumbawa, sebagai pasatotang dan warisan adiluhung yang terjelmakan dalam lawas: “mana tau barang kayu, lamen to sanyaman ate, ba nansi sanak parana” (dari manapun identitas maupun sukunya, kalau membawa kehidupan damai dan tenteram, sesungguhnyah itulah saudara dan persaudaraan”) ungkap Rafiq yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa.

Masih kata Rafiq, tana samawa milik kita bersama dan semuanya berbuat dalam tradisi gotong royong, berhenti urun angan dan harus mau turun tangan. lawas ini mengilhami tau dan tana samawa untuk memberikan perkuatan persaudaraan dalam identitas ‘ke-samawa-an’ melalui keteladanan dengan tradisi-tradisi contoh nyata. sekaligus ikhtiar saling menghormati dan merawat toleransi.

“Momentumnya bukan hanya diperingati karena peristiwa masa lalu, akan tetapi menandai bahwa kita hari ini terus berjuang menghasilkan karya-karya yang bermakna bagi masyarakat, lingkungan, kita sendiri dan masa depan”. Pungkasnya. (Nuansa/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.