Dukung Ketahanan Pangan, Bupati dan Wabup Sumbawa Dampingi Mentan RI Tanam Jagung di Samota

oleh -2032 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id– Bupati Sumbawa, Drs. Mahmud Abdullah, dan Wakil Bupati Sumbawa, Hj Dewi Noviany, S.Pd,. M.Pd,. hadir dalam kunjungan kerja Menteri Pertanian (Mentan) RI di lokasi penanaman jagung, Poktan KEDAWAN, wilayah Samota Kelurahan Brang Biji, Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa, Kamis (25/01/2024).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mendukung upaya pemerintah dalam peningkatan produksi pertanian, khususnya jagung hibrida varietas NK 7328 (Sumo). Dengan luas lahan kelompok mencapai 50 Ha, dan indeks pertanaman (IP) satu tahun mencapai 100, para petani diharapkan dapat mencapai produktivitas 7-8 Ton/Ha.

Pola tanam yang diterapkan oleh petani setempat adalah palawija-bero-bero, menciptakan lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan jagung.

Selain itu, harga jagung yang cukup menarik di pasaran memberikan insentif positif bagi petani, dengan harga mencapai Rp.4.800 – 5.000 / Kg untuk jagung kering panen kandungan air di atas 28%.

BACA JUGA  Musyawarah FK2D Sukses, Bupati : Kades Ujung Tombak Pelayanan di Desa

Bupati Sumbawa, Drs. Mahmud Abdullah, menyampaikan, Kegiatan ini menjadi langkah konkret dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

“Semoga hasilnya dapat memberikan dampak positif tidak hanya bagi petani lokal, tetapi juga bagi ekonomi daerah,” katanya.

Kunjungan ini juga memberikan gambaran keseluruhan mengenai kondisi Kabupaten Sumbawa, yang terus berupaya meningkatkan produksi pertanian untuk mendukung kesejahteraan masyarakat. (Nuansa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.