Lomba Menulis Sinopsis dan Resensi Tingkat Kabupaten Sumbawa Sukses, Inilah Juaranya

oleh -1749 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Lomba Menulis Sinopsis dan Menulis Resensi yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten Sumbawa, telah berakhir dan sukses dilaksanakan.

Tercatat 107 orang peserta yang berpartisipasi pada lomba yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Semarak Hari Ulang Tahun Kabupaten Sumbawa ke-65.

Para peserta ini terdiri 66 orang mengirimkan tulisan pada Lomba Sinopsis dan 41 Lomba Resensi. Hasil penilaian Tim Juri yang terdiri dari Purna Aprianti, S.S. (Ahli Sastra), Wardinah S. Pd (Ahli Bahasa), Jumianti Diana S.S., M.Pd (Penulis), Aries Zulkarnain S.Pd., M.M.Inov (Budayawan), dan Zainuddin SE (Wartawan), terjaring 6 pemenang Lomba Resensi Buku dan 12 pemenang Menulis Sinopsis.

Untuk Lomba Menulis Resensi terbagi menjadi dua kategori. Yakni Kategori Umum, juara pertama diraih A. Rahim Eltara, kedua Henny Andresni Martianengtias, dan ketiga Sri Wulan Ahdarianti A. Kemudian Kategori Pelajar, juara pertama diraih Rizkia Hadianty (SMA Dea Malela), kedua Muhammad Affan Hanafi (SMAN 1 Sumbawa) dan ketiga Irgi Fahrezi (SMKN 1 Buer).

Sedangkan untuk Lomba Sinopsis juga terjaring 12 pemenang dalam dua jenjang. Yakni tingkat SMP, juara pertama diraih Desak Made Dwi W ( siswa SMPN 1 Sumbawa Besar) dengan judul buku “Laut Bercerita”. Juara kedua, Sifa Aurel Meilia (SMPN 3 Sumbawa Besar) dengan judul buku “Sumua Ikan di Langit”. Juara ketiga, Baiq Septya R (SMPN 1 Sumbawa Besar) dengan judul buku “K:A Man Of Letters”.

BACA JUGA  Hadir di Tarano, Mohamad Ansori Siap Perjuangkan Kesejahteraan Warga Desa Mata

Juara Harapan 1 diraih Danindya Elvin C (SMPN 1 Sumbawa Besar) dengan judul buku “Ayahku (Bukan) Pembohong”. Harapan 2 diraih Olypia Gadisa Nurdiva (SMPN 1 Lopok) dengan judul buku “Pulang”. Dan juara Harapan 3 diraih Alya Junisa (SMPN 3 Moyo Hilir) dengan judul buku “Ayah”.

Untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), juara pertama diraih Dita Lestari (SDN SP3 Prode) dengan judul buku “Darman dan Darmin”. Juara kedua, Teguh Sandika (SDN Luk) dengan buku berjudul “Roda”. Juara Ketiga diraih Alfin Adriansyah (SDN SP3 Prode) berjudul “Danau Laut Tador Cerita Rakyat dari Sumatera Utara”.

Juara Harapan 1 diraih Fiza Natasya S (SDN 1 Sumbawa) berjudul “Pahlawan Pincang”. Juara Harapan 2 diraih Nada Qori’ah (SDN 2 Karang Jati) dengan judul buku “Aku & Kamu Satu Persahabatan dalam Perbedaan”. Dan juara Harapan 3 atas nama Ghina Khaeria (SDN Luk) buku berjudul “Karena Patuh”.

Tim Juri Sayembara Menulis Sinopsi dan Resensi Tingkat Kabupaten Sumbawa, Purna Aprianti, S.S. didampingi Wardinah S.Pd, Jumianti Diana S.S., M.Pd dan Aries Zulkarnain S.Pd., M.M.Inov, mengatakan bahwa tulisan yang terpilih sebagai pemenang lomba telah memenuhi kriteria penilaian.

BACA JUGA  Muskab PMI Sumbawa Dimulai, Rasyidi : Ketua Terpilih Diharapkan Lebih Enerjik

“Kriterianya masuk, mulai dari keaslian karya (orisinalitas), kesesuaian sinopsis dengan isi buku, tata penulisan (ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital), dan pilihan kata (diksi),” ujarnya Selasa (23/01/2024).

Sementara untuk penilaian Resensi kata Jumianti Diana, ada peserta peserta yang melakukan kesalahan penulisan, menggunakan format yang tidak sesuai, penempatan tanda baca dan juga tidak mencapai minimal jumlah kata sesuai standar yang ditetapkan yakni 750 kata.

Selain itu tingkat orisinalitas yang rendah. Kendati demikian secara umum cukup baik mengingat kegiatan ini baru dilaksanakan secara perdana.

Sementara itu Kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sumbawa, H. Sahril S.Pd., M.Pd menyampaikan rasa syukur atas antusias para pegiat literasi mengikuti kegiatan ini. Hal tersebut merupakan indikator meningkatnya upaya-upaya pemerintah untuk terus menaikkan indeks kegemaran membaca masyarakat. Ke depan, sambung Haji Sahril, kegiatan ini akan diformat lebih baik lagi.

BACA JUGA  Dandim Serta Koramil Jajaran 1607 Sumbawa Berikan Surprise ke Kapolres dan Kapolsek

“Terima kasih kepada para pegiat literasi yang telah mengikuti kegiatan ini. Dan apresiasi untuk para tim juri yang telah menyukseskan lomba ini dengan memberikan penilaian yang sangat obyektif,” ucapnya.

Untuk diketahui, Lomba Menulis Sinopsis dan Resensi Buku bertema “Melalui Sayembara Menulis Sinopsis dan Resensi, Kita Tingkatkan Gemar Membaca Agar Terus Melaju Untuk Sumbawa Gemilang Yang Berkeadaban” ini akan diikuti para pelajar mulai dari jenjang SD hingga SMA, serta umum.

Tujuannya untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa masyarakat Sumbawa melalui berbagai bacaan atau buku. Kemudian, mengangkat dan mempopulerkan buku-buku yang berkualitas. Utamanya yang mengandung nilai-nilai kehidupan hingga mampu membangun karakter bangsa. Selain itu mempersiapkan masyarakat Sumbawa yang Gemilang Berkeadaban.

Namun yang paling utama dari kegiatan ini adalah terwujudnya Sumbawa Gemilang yang berkeadaban sebagai visi pemerintah Kabupaten Sumbawa saat ini.

Harapan dari visi tersebut bahwa masyarakat Kabupaten Sumbawa memiliki daya saing kuat serta mampu berkompetisi baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan budaya literasi masyarakat. (Nuansa/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.