Pemda Sumbawa Usulkan Penambahan 15 Ambulance Baru di 2024

oleh -1892 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Sumbawa, melalui Dinas Kesehatan, mengusulkan penambahan 10 unit mobil ambulance baru untuk Puskesmas dan Desa di tahun 2024.

“Meski kami mengusulkan 10 unit ambulance puskesmas, namun hanya satu unit yang disetujui oleh Kementerian Kesehatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan, Junaidi Umar, Selasa (16/01/2024).

Menurutnya, 1 yang disetujui dari 10 yang diusulkan, belum bisa dipastikan penyebabnya. Namun demikian kemungkinan disebabkan karena keterbatasan anggaran di kementrian.

“Kita akan usulkan kembali pada anggaran berikutnya, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Selain mengusulkan 10 unit ambulance untuk puskesmas, dikes juga mengajukan dan mengusulkan sebanyak 5 unit ambulance desa.

BACA JUGA  Penggunaan BBM Bersubsidi Tepat Sasaran, ini Edaran Bupati Sumbawa

“Kita berharap, 5 unit yang diusulkan juga dapat dipenuhi oleh Kementerian Kesehatan,” kata kadis.

Dikatakan, untuk penyerahan satu unit ambulance puskesmas yang disetujui akan dilakukan ke Puskesmas yang telah ditentukan sesuai dengan lokasi yang disetujui oleh Kementerian Kesehatan, yakni untuk Puskesmas Kecamatan Lenangguar.

Sementara untuk 5 unit ambulance desa apabila disetujui, maka keputusan penyerahannya menunggu keputusan dari Bupati dan Wakil Bupati, yang akan menentukan desa mana yang akan menerima bantuan ambulance tersebut.

“Harapan dari penambahan ambulance ini adalah meningkatkan respons cepat dalam situasi darurat, memperkuat sistem kesehatan di Kabupaten Sumbawa, dan memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat,” pungkasnya. (Nuansa/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.