Tatap Muka di Desa Dalam, PDI Perjuangan Siap Majukan UMKM

oleh -1707 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Setelah bertemu warga Desa Luar, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa kembali bertatap muka dengan masyarakat di Dusun Telaga Baru, Desa Dalam, Kecamatan Alas, Jumat Malam (12/01/2024).

Ketua DPRD yang juga Ketua DPC PDI-P Sumbawa, Abdul Rafiq, SH,. pada kesempatan mengatakan bahwa sesuai perintah Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnoputri Putri yang meminta para Kader selalu dekat dengan rakyat maka seluruh anggota DPRD dari semua tingkatan baik kabupaten, provinsi maupun DPR RI akan selalu berjuang untuk kesejahteraan rakyat dan yang utama, DPC PDI-P akan memajukan UMKM bagi ibu-ibu di Desa Dalam.

“Kami telah merancang bagaimana pengembangan UMKM yang banyak digeluti oleh ibu ibu dan millenial di Desa Dalam. Bahkan kami telah mendata sejumlah usaha dan siapa saja yang berprofesi sebagai pelaku UMKM di Desa ini. Dengan data inilah kami ke depannya dapat melaksanakan Program bagi UMKM untuk lima tahun kedepan,” ujar Rafiq sambil memperlihatkan Data Pelaku UMKM di Desa Dalam Kecamatan Alas.

BACA JUGA  Ketua DPRD Sumbawa Mengucapkan Selamat Hari Bhakti Adiaksa ke 63

Lanjut Bakal Calon Bupati Sumbawa 2024 ini, kegiatan Penguatan UMKM perlu menjadi prioritas karena secara umum masyarakat banyak yang berkecimpung di usaha ini, terlebih mereka sangat dekat dengan keramaian ataupun Pasar Alas.

“Ini akan kita maksimalkan minimal penguatan modal usahanya, sehingga dapat berkembang pemasaran produk UMKM ke pasar yang lebih luas,” jelasnya yang didampingi Abdul Rahim, ST, dan Lalu Budi Suryata, SP.

Menurut Rafiq, jika para pelaku UMKM dapat beradaptasi dengan perkembangan digital, maka secara tidak langsung akan berpengaruh pada peningkatan pendapatan.

“UMKM kita, terutama yang mikro, memerlukan adaptasi penguatan yang sangat besar. Maka Kami sangat tekankan adanya pendampingan agar mereka punya pengetahuan,” jelasnya.

Di Desa Dalam ini kata Rafiq, memiliki banyak UMKM berpotensi dan perlu dirangkul serta dikembangkan sehingga inilah salah satu kenapa wilayah ini dipilih untuk pengembangan UMKM.

BACA JUGA  Dewan Fauzi Dorong Pemda Jadikan Gili Rakit Kawasan Khusus Gembala Ternak

“Kalau misal memungkinkan Desa Desa di Dapil V ini menjadi Desa percontohan untuk UMKM di Sumbawa, maka akan saya dorong secara serius agar UMKM jadi lebih maju,” terangnya.

Dikatakan Rafiq, DPP PDI Perjuangan memiliki aplikasi Media Pintar Perjuangan (MPP) bagi para pelaku UMKM, melalui inilah warga kita dorong agar dapat masuk dalam pemasaran global mengingat internet merupakan media pemasaran yang efektif dan dapat bersinergi.

Selaras dengan hal tersebut, Ketua Pengurus Banteng Muda Indonesia Provinsi NTB Abdul Rahim ST , menyebut, penguatan UMKM sangat penting baik dari pemahaman manajemen UMKM di wilayah Alas dan sekitarnya ini perlu ditingkatkan.

“Memang perlu sekali memahami apa itu manajemen untuk UMKM, saya berharap bisa diperhatikan. Kemenangan PDI Perjuangan dapat memuluskan niat baik kita semua untuk dapat memajukan UMKM kita,” ucapnya.

BACA JUGA  Anggota DPRD Muhammad Fauzi Minta Pemda Pastikan Harga Sesuai HET

Pada pertemuan tersebut Abdul Rafiq juga berpesan, agar masyarakat selektif dalam memilih pemimpin. “Hati-hatilah dalam memilih calon pemimpin kita. Pilihlah calon pemimpin dengan melihat track record, rekam jejak atau sejarah dari figur calon pemimpin tersebut. Pilihlah pemimpin yang mau memposisikan dirinya sebagai pelayan rakyat, bukan memposisikan diri sebagai majikan. Bagi kami, Tuanku adalah Rakyatku,” ungkap Rafiq

Pada kesempatan tersebut, Rafiq juga mengadakan simulasi teknik pencoblosan kepada konstituennya dengan dilengkapi spesimen surat suara. Mulai dari cara mencoblos surat suara Pileg DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR Pusat hingga Pilpres.

“Terima kasih kepada masyarakat baik yang hadir maupun tidak sempat hadir pada setiap pertemuan yang dilakukan disejumlah titik,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.