Bahas Strategi Pengawasan OPD, DPRD Sumbawa Terima Kunker Ketua Komisi 2 KSB

oleh -967 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Setelah menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi 1 DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada hari Rabu 21 Februari 2024.

DPRD Kabupaten Sumbawa kembali kedatangan Ketua Komisi 2 DPRD KSB, Aheruddin SE., ME., bersama rombongan, Kamis (22/02/2024).

Kehadiran Ketua Komisi 2 DPRD KSB bersama rombongan dalam rangka Kunjungan Kerja untuk mempelajari strategi peningkatan pengawasan komisi terhadap pelaksanaan kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Kehadiran kami ke DPRD Sumbawa ini dalam rangka kunjungan kerja untuk mempelajari strategi dan mekanisme pengawasan yang diterapkan oleh Komisi II DPRD Kabupaten Sumbawa terhadap OPD. Bagaimana strategi Komisi 2 DPRD Sumbawa dalam mengidentifikasi best practices pelaksanaan pengawasan OPD serta bertukar informasi dan pengalaman terkait dengan strategi peningkatan pengawasan OPD,” ujarnya.

BACA JUGA  Dewan Pendidikan Dukung Komunitas Belajar “Pungkit Baseli” di SDN Pungkit

Adapun rombongan Komisi 2 DPRD KSB diterima oleh Kabag Program dan Keuangan Sekretariat DPRD Kabupaten Sumbawa Usman SE.ME bersama staf.

Disampaikan oleh Kabag Usman, salah satu bentuk pengawasan Komisi melalui Rapat koordinasi dengan Ketua dan Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sumbawa bersama mitra OPD.

“Bila ada hal atau permasalahan yang disuarakan oleh masyarakat, Komisi menggelar rapat kerja dan hearing yang difasilitasi oleh sekretariat DPRD,” jelasnya Usman.

Lanjutnya, dalam pertemuan, komisi juga mengundang komponen yang berkaitan sehingga dapat diketahui secara langsung fakta dan klarifikasi dari OPD teknis.

Disamping itu kata Usman, Komisi juga melakukan kunjungan lapangan untuk melihat langsung proses atau fakta yang ada seperti contohnya terkait dengan aktivitas pertambangan di Kabupaten Sumbawa, Komisi II pernah lakukan kunjungan ke beberapa perusahaan tambang didampingi oleh Balai ESDM Pulau Sumbawa, Perijinan, PUPR dan OPD lainnya.

BACA JUGA  Bupati Sumbawa Didampingi Waka Ansori Terima Laporan Hasil Pemeriksaan Kinerja dari BPK NTB

Demikian pula terkait dengan distribusi gas LPG 3 Kg, kebutuhan pupuk, kebutuhan air irigasi hingga persoalan tata niaga ternak, Komisi II langsung bergerak ke lapangan dan tidak sekedar menerima laporan dari OPD, terangnya.

Atas penjelasan Kabag Usman, Ketua Komisi 2 DPRD KSB mengucapkan terimakasih dan akan menerapkan apa yang perolehnya dalam kunker di DPRD Sumbawa ini sebagai bekal untuk dapat diaplikasikan di KSB.

“Semoga dari pertemuan ini akan terus terjalin kerjasama dan komunikasi yang baik antara Komisi II DPRD Kabupaten Sumbawa Barat dan Komisi II DPRD Kabupaten Sumbawa,” pungkasnya.(Nuansa/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.