Hujan Lebat di Sumbawa, 6.278 Jiwa Terdampak Banjir dan 4 Rumah Hanyut

oleh -2285 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Hujan lebat mengguyur kabupaten sumbawa khususnya di wilayah selatan hingga kota sumbawa mengakibatkan terjadinya banjir bandang, Jum’at (09/02/2024).

Hujan yang terjadi mulai pukul 13.00 hingga pukul 15.00 WITA mengakibat air sungai meluap hingga ke pemukiman warga dan menggenangi ribuan rumah mulai dari kelurahan Samapuin, Pekat, Bugis, Brang Biji, Lempeh, hingga ke muara kali desa labuhan sumbawa.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa, M Nurhidayat, ST,. dalam keterangan resminya yang diterima media ini menyebutkan bahwa akibat terjangan banjir bandang, sedikitnya 4 rumah warga hanyut dan 12 rumah amblas.

“Untuk data sementara, sebanyak 1.489 kepala keluarga dan 6.278 jiwa tercatat sebagai warga terdampak banjir,” ujar Kalak BPBD, Jumat sore (09/02).

BACA JUGA  Tak Ada Hujan, Air Kiriman Rendam 60 Rumah di Moyo Hilir

Menurutnya, adapun 4 rumah yang hanyut, terdiri dari 1 (satu) unit rumah warga RT 02 Kelurahan Samapuin dan 3 unit rumah warga RW 01/ RT 03 Kelurahan Brangbara.

Sedangkan 12 unit rumah ambruk di Kelurahan Brangbara terdiri dari 10 unit rumah warga RW 01/RT 03 dan 2 unit rumah warga RW 03/RT 03. “Selain itu di RW 01/RT 03 Kelurahan Brangbara juga terdapat 1 (satu) unit mobil yang hanyut dibawa derasnya air sungai,” jelasnya.

Selain itu lanjut Dayat, hujan deras juga mengakibatkan terjadinya tanah longsor di 2 titik dekat PDAM Semongkat, Kecamatan Batulanteh dan Berang Dara setelah jembatan area konservasi Semongkat.

Adapun upaya yang dilakukan pihak BPBD Sumbawa antara lain, melakukan koordinasi dengan Pemerintah Desa/Kelurahan/Kecamatan tempat terdampak kejadian, dan memantau perkembangan kejadian, melakukan pelaporan serta penyebaran informasi, hingga menerjunkan tim ke lokasi kejadian bencana.

BACA JUGA  Kasat Intel, Kabag Log dan 2 Kapolsek Sumbawa Bergeser ke Jabatan Baru

“Untuk personil yang terlibat dalam penanggulangan banjir dan longsor antara lain, BPBD Kabupaten Sumbawa, TNI/POLR, unsur Desa / Kelurahan / Kecamatan, dan masyarakat setempat. Air perlahan surut sekitar pukul 15.45 wita dan warga mulai membersihkan rumahnya masing-masing,” pungkasnya. (Nuansa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.