Ketua DPRD Sumbawa Minta Pemda Pastikan Ketersediaan Gas LPG Jelang Ramadhan

oleh -1910 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Memasuki bulan suci Ramadhan yang tinggal 15 hari lagi, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq, SH, meminta kepada pemerintah daerah agar dapat memastikan ketersediaan dan kecukupan gas LPG 3 Kg.

“Kami DPRD Sumbawa meminta pemerintah daerah serta seluruh yang berkepentingan dapat memastikan ketersediaan Gas LPG 3 Kg dapat tercukupi memasuki bulan suci Ramadhan hingga Hari Raya Iedul Fitri,” ujar Abdul Rafiq kepada media ini, Jum’at (23/02/2024).

“Ketersediaan Gas LPG ini penting untuk diantisipasi oleh Pemerintah Daerah, terutama dalam

Dikatakan Rafiq, kondisi cuaca yang buruk menjelang memasuki bulan suci Ramadhan serta Hari Raya Idul Fitri ini masih tidak menentu sehingga pemerintah daerah harus mengantisipasi sedini mungkin.

BACA JUGA  Stok Beras Aman, Bulog Salurkan Bantuan Pangan Tahap II di Sumbawa

Jangan sampai peristiwa yang terjadi di daerah pada tahun sebelumnya, dimana terjadi kelangkaan karena permasalahan distribusi yang terkendala di hari libur.

“Kami harapkan dapat diantisipasi lebih awal bersama seluruh stakeholder lainnya,” tegas Rafiq.

Saat ini lanjut Rafiq, harga Gas LPG 3 Kg dibeberapa kecamatan di Sumbawa terlampau mahal dan langka. Kalaupun ada, harganya jauh di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Contoh di Kecamatan Alas, Plampang, Buer, dan Alas Barat Alas itu mahal dan langka dan ini perlu dipantau kelapangan oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa,” imbuhnya.

Rafiq berharap Pemerintah Daerah dapat segera mengambil langkah-langkah kongkret untuk mengatasi permasalahan ini.

Adapun beberapa langkah yang dapat dilakukan diantaranya, melakukan koordinasi dengan Pertamina untuk memastikan kelancaran distribusi Gas LPG 3 Kg.

BACA JUGA  DPC GMNI Sumbawa Gelar Konfercab Ke-III

Kemudian mengawasi penyaluran Gas LPG 3 Kg agar tepat sasaran dan tidak terjadi penimbunan serta menindak tegas oknum-oknum yang menjual Gas LPG 3 Kg di atas HET.

Dengan langkah-langkah tersebut kata Rafiq, diharapkan saat terjadi kelangkaan dan harga mahal Gas LPG 3 Kg di Sumbawa dapat segera diatasi dan masyarakat Sumbawa dapat menjalankan ibadah Ramadhan dengan tenang dan nyaman.

Sementara dihubungi terpisah Kepala Bagian Perekonomian dan Sumberdaya Alam Setda Kabupaten Sumbawa Khairuddin, SE,. mengatakan bahwa, dirinya pada Rabu 21 Februari 2024 kemarin telah mengikuti rapat dengan para stakeholder.

“Kemarin, kami telah rapat bersama Sales Branch Manager II PT Pertamina Region V Sumbawa , Pemilik SPBE, Penyalur-agen, untuk memperhatikan stok dan quota gas LPG 3 KG menjelang ramadhan. Dan mereka menyatakan siap memperhatikan supply selama bulan suci ramadhan,” ucapnya.

BACA JUGA  Syaifullah Mundur dari PKS, Muhammad Fauzi Akan Dilantik PAW

Dijelaskan Khay sapaan akrabnya, qouta sesuai perkembangan permintaan tahun 2023 untuk sumbawa masih stabil dan supply yang dulu melalui laut dari lombok dengan mobil tangki 13.000 kg, kini melalui pelabuhan pertamina Bima, sehingga yang selama ini sering terkendala kondisi cuaca dan kapal tongkang pengangkut khusus tanki dari pelabuhan lombok ke Poto Tano kini tidak menjadi hambatan lagi, pungkasnya. (Nuansa/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.