Kucurkan Bantuan di Pulau Medang, Pemda Sumbawa Kembali Kembangkan Budidaya Rumput Laut

oleh -290 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Pemerintah Kabupaten Sumbawa, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) telah mengambil langkah proaktif dengan memulai program pengembangan budidaya rumput laut di Pulau Medang, Kecamatan Labuhan Badas.

Dalam upaya merealisasikan inisiatif ini, DKP memberikan bantuan berupa bibit rumput laut beserta fasilitas pendukung kepada kelompok penerima.

Kepala DKP Kabupaten Sumbawa, Rahmat Hidayat S.Pi., M.T, menjelaskan bahwa, Pulau Medang dahulu merupakan salah satu sentra produksi rumput laut terkemuka di Kabupaten Sumbawa.

Namun, seiring berjalannya waktu, produksi rumput laut dari tahun ke tahun terus menurun. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh perubahan iklim global yang tidak menguntungkan serta penurunan kualitas bibit rumput laut.

BACA JUGA  Gubernur Optimis Pariwisata NTB Kembali Pulih

“DKP Sumbawa berkolaborasi dengan Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Lombok untuk memulai kembali budidaya rumput laut di Pulau Medang,” ujar Rahmat Hidayat, Senin (27/03/2024).

Lanjutnya, tim teknis dari DKP Sumbawa dan BPBL telah turun langsung untuk bertemu dengan pihak desa dan calon kelompok penerima bantuan.

“Kami sangat bersyukur mendapat respon positif dan dukungan penuh dari masyarakat terkait rencana ini,” ungkapnya.

Sebagai tindak lanjut, DKP Sumbawa memberikan bantuan berupa kebun bibit rumput laut kepada kelompok-kelompok di setiap desa, seperti Pokdakan Jaya Makmur di Desa Bugis Medang dan Bahari Indah di Desa Bajo Medang.

Setiap kelompok kata Rahmat, menerima bantuan berupa bibit seberat 2.000 kg, serta fasilitas pendukung lainnya seperti tali ris, tali jangkar, plampung bola, plampung ris, biaya pengikatan, dan biaya pemasangan.

BACA JUGA  Bupati Sumbawa Resmi Melantik Abdul Hakim sebagai Direktur PDAM

“Kami berharap bantuan ini akan berhasil meningkatkan pendapatan keluarga masyarakat setempat, dengan harapan tinggi terhadap kesuksesan program ini,” harapnya.

Selain itu, langkah ini diharapkan dapat mengembalikan kejayaan Pulau Medang sebagai pusat budidaya rumput laut di Sumbawa, serta memberikan dampak positif bagi ekonomi dan lingkungan sekitar,” pungkasnya. (Nuansa/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.