Peduli Pendidikan, Gubernur Kaltara Bangun Asrama Mahasiswa di Nijang Sumbawa

oleh -611 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan, Gubernur Kalimantan Utara Brigjend (Purn) Drs. H. Zainal A. Paliwang SH, M.Hum berencana membangun gedung asrama bagi Mahasiswa asal Kaltara yang menempuh pendidikan di Kabupaten Sumbawa.

Komitmen tersebut ditindaklanjuti dengan melakukan peletakan batu pertama gedung asrama mahasiswa asal Kalimantan Utara bertempat di Desa Nijang Kecamatan Unter Iwes Sumbawa Besar, Senin sore (11/03/2024).

Kegiatan peletakan batu pertama asrama mahasiswa / mahasiswi itu, dihadiri langsung Gubernur Haji Zainal, masyarakat setempat, serta para mahasiswa asal Kaltara yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Teknologi Sumbawa (UTS).

Adapun Peletakan batu pertama pembangunan asrama ini diawali oleh Gubernur Kaltara, H. Zainal Paliwang kemudian diikuti pemuka agama dan tokoh masyarakat Desa Nijang, serta perwakilan mahasiswa Kaltara.

Gubernur Kalimantan Utara Brigjend (Purn) Drs. H. Zainal A. Paliwang SH, M.Hum usai kegiatan mengatakan kepada media bahwa, pembangunan asrama mahasiswa Kaltara ini diperkirakan akan menelan anggaran sekitar Rp. 16 miliar yang bersumber dari APBD Provinsi Kaltara.

BACA JUGA  Tujuh Pimpinan OPD Lowong, Pemkab Sumbawa Buka Seleksi

Pembangunan gedung asrama ini kata Gubernur, direncanakan mulai dikerjakan usai hari raya idul fitri tahun 2024 ini, di atas lahan seluas 27 are dengan type dua gedung kembar berlantai dua, dilengkapi meeting room dan cafe, serta kamar tamu.

“Di Sumbawa ini, ada sekitar 287 mahasiswa Kaltara yang mengenyam pendidikan di bangku kuliah kampus UTS. Mereka ada yang tinggal di kos, ada yang tinggal di home stay yang dibangun di lingkungan Tanjung Menangis 4 Kelurahan Brang Biji, dan sebagian tinggal di Hotel Sutan,” jelas Haji Zainal.

Dikatakan Gubernur, proses pembangunan asrama ini sebetulnya sudah dilakukan sejak Tahun 2022 lalu. Secara administrasi sudah sesuai aturan, dan tahun ini akan dikerjakan. In Shaa Allah akan selesai pada tahun 2024 ini juga sehingga mahasiswa / mahasiswi dari Kalimantan Utara tidak mengontrak lagi dan bisa menggunakan asrama ini.

BACA JUGA  Satukan Kekuatan, Relawan Sahabat PS Sumbawa Konsolidasi Menangkan Prabowo di Pilpres 2024

“Selain di Sumbawa, sudah ada dibangun dan ditempati asrama mahasiswa kaltara di Jogja, ada juga di Malang dan di Samarinda”, ungkap Mantan Wakapolda Kaltara ini.

Ditegaskan Gubernur, keberadaan asrama mahasiswa ini dihajatkan untuk mempersiapkan generasi muda, generasi-generasi penerus Kalimantan Utara yang memiliki SDM yang tangguh, SDM yang hebat untuk bisa melanjutkan pembangunan di Kalimantan Utara di masa mendatang.

“Setelah pembangunan asrama selesai, para mahasiswa tinggal menempatinya secara gratis. masalah pembayaran listrik dan air akan dibayar oleh Pemprov Kaltara, mereka disini khususnya untuk belajar, menimbah ilmu saja semuanya dipersiapkan gratis oleh pemprov”, terang pejabat humanis ini.

Menanggapi pembangunan gedung asrama mahasiswa Kaltara di Sumbawa Besar, Ketua Persatuan Mahasiswa Kaltara (PMKU), Reynaldi, mengaku sangat bangga.

“Mahasiswa Kaltara merasa sangat puas dan sangat bangga sekali, dimana Pak Gubernur sendiri melihat langsung kondisi mereka dan sangat memperhatikan keberadaan mahasiswa Kaltara di sumbawa. Inilah bentuk keseriusan serta perhatian dari seorang ayah, orang tua yang peduli dan benar – benar melihat anak-anaknya yang sedang menuntut ilmu di luar Kalimantan Utara. Gubernur Kaltara sangat serius memfasilitasi kami sebuah penginap, sebuah tempat tinggal yang begitu bagus seperti hotel”, ungkapnya.

BACA JUGA  Pasar Mancanegara Minati Produk UMKM NTB

Reynaldi berharap agar pembangunan gedung asrama mahasiswa ini segera dikerjakan, supaya ada tempat tinggal yang layak karena selama mahasiswa asal Kaltara ada yang tinggal disana sini, ada yang tinggal di Tanjung menangis Kelurahan Brang Biji, ada yang kos di Desa Batu Alang.

“Ketika mereka mendengar akan adanya pembangunan asrama permanen, Alhamdulillah semua sangat gembira. hitung – hitung untuk mengurangi pengeluaran dari orang tua, jika pembangunan asrama ini sudah tuntas, mahasiswa tidak akan memikirkan lagi biaya untuk membayar kost”, pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.