Pemda Sumbawa Usulkan Bantuan Hibah Kendaraan Pemadam dari Korea dan Jepang

oleh -650 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Pemerintah Kabupaten Sumbawa, melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan), tengah mengupayakan penambahan sarana prasarana (Sarpras) untuk meningkatkan layanan pemadam kebakaran.

Kepala Damkartan Sumbawa, H. Sahabuddin, S.Sos. M.Si., mengatakan bahwa pihaknya sedang berusaha mendapatkan hibah kendaraan dari Jepang dan Korea.

Menurut Sahabuddin, upaya tersebut dilakukan dengan menyampaikan proposal kepada pemerintah pusat melalui Direktorat Manajemen Kebakaran Adwil Mendagri.

“Kita melakukan pendekatan untuk mendapatkan hibah dari Jepang maupun Korea,” ujar Sahabuddin kepada media ini, Jum’at (08/03/2024).

Proposal permohonan tersebut telah disusun dengan teliti dan telah diserahkan ke pemerintah pusat dalam rangka mendapatkan bantuan kendaraan.

“Mudah-mudahan tahun 2024 ini kita bisa mendapatkan hibah tersebut,” tambah Sahabuddin dengan harapan agar upaya tersebut membuahkan hasil.

BACA JUGA  Dinilai Tim KARS Kemenkes RI, Bupati Berharap Akreditasi RSUD Bintang Lima

Selain berharap mendapatkan hibah dari luar negeri, Damkartan juga berupaya memperoleh alokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumbawa.

Hal ini diharapkan dapat membantu dalam menambah unit baru untuk kebutuhan pemadam kebakaran di wilayah tersebut.

Saat ini, kondisi sarana pemadam kebakaran di Kabupaten Sumbawa cukup terbatas, dengan hanya 11 unit yang masih aktif. Dari jumlah tersebut, satu unit sedang dalam proses perbaikan, delapan unit masih digunakan, sementara dua unit lainnya mengalami kerusakan berat.

Meskipun menghadapi tantangan dalam mendapatkan tambahan sarana, Damkartan Sumbawa tetap optimis untuk terus meningkatkan kesiapan dan pelayanan pemadam kebakaran demi keselamatan masyarakat. (Nuansa/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.