Unggul di 36 Provinsi, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Pemenang Pilpres 2024

oleh -1663 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) secara resmi telah menetapkan Calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil tersebut diumumkan langsung dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Nasional Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (20/03/2024) pukul 21.05 WIB.

Prabowo-Gibran ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 setelah memperoleh 96.214.691 suara.

Sementara capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Gibran Rakabuming Raka berada di urutan kedua dengan perolehan 40.971.906 suara.

Perolehan suara paling sedikit diraih oleh capres dan cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

BACA JUGA  Kawasan Budidaya Lobster Terintegrasi di NTB Dibangun Tahun Ini

Capres dan cawapres yang diusung PDI-P, PPP, Perindo, dan Hanura tersebut hanya memperoleh 27.400.878 suara.

“KPU telah menggelar Rapat Pleno penetapan hasil Pemilihan Umum 2024,” kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari dikutip dari Rapat Pleno yang disiarkan melalui kanal YouTube KPU.

Adapun sebaran suara Prabowo-Gibran yang dinyatakan sebagai pememang Pilpres 2024 setelah unggul atau memenangi perolehan suara di 36 provinsi.

Sedangkan Anies dan Muhaimin hanya memenangi perolehan suara di dua provinsi, yakni Sumatera Barat dan Aceh.

Hasil berbeda diraih oleh Ganjar dan Mahfud yang sama sekali tidak memenangi perolehan suara di provinsi manapun. Ganjar dan Mahfud bahkan tidak mampu menguasai Jawa Tengah yang disebut-sebut sebagai Kandang Banteng atau basis PDI-P.

BACA JUGA  Jaga Perdamaian di Republik Demokratik Kongo, 220 Prajurit Kontingen Garuda Monusco Diberangkatkan

Sementara Prabowo-Gibran yang menang di Quick count serta di seluruh lembaga Survey Sudah Deklarasikan Kemenangan.

Sebelum ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024, Prabowo-Gibran sudah menggelar deklarasi kemenangan di Istora Senayan, Jakarta Pusat, pada Rabu 14 Februari 2024 petang lalu.

Pada saat itu, Prabowo mengatakan, semua hasil hitung cepat atau quick count yang dilakukan berbagai lembaga survei menempatkan paslon nomor 2 sebagai pemenang Pilpres 2024.

“Semua penghitungan, semua lembaga survei, termasuk lembaga-lembaga yang berada di pihak-pihak paslon lain, menunjukkan angka-angka yang memang paslon Prabowo-Gibran menang sekali putaran,” ujar Prabowo.

Prabowo mengucapkan terima kasih kepada para elite partai politik dan masyarakat yang telah mendukung dirinya bersama Gibran.

BACA JUGA  Pastikan Perekrutan PPDP Sesuai Aturan, KPU Sumbawa Kumpulkan PPK dan PPS

“Saudara sekalian, dengan dukungan rakyat, dengan suara rakyat yang sudah diberikan, mari kita menghadap ke depan, melihat ke depan, bangsa yang hebat selalu melihat ke depan, menyongsong masa depan,” pungkas Prabowo. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.