Diketuai Varian Bintoro, Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Sumbawa Dilantik

oleh -504 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Ketua Kwartir Daerah (Ka Kwarda) Pramuka NTB, Dr. Fathul Gani, melantik para pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabincab) Gerakan Pramuka Sumbawa, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Sumbawa dan Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK)Gerakan Pramuka Sumbawa.

Di samping itu, di tempat yang sama namun waktu berbeda pelantikan juga terhadap Majelis Kehormatan Cabang, pengurus Pusdiklat, pengurus Pusinfo dan Dewan Kerja Cabang (DKC) oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sumbawa, Varian Bintoro.

Pelantikan yang digelar di Aula SMAN 3 Sumbawa Besar, Sabtu 18 Mei 2024 tersebut berlangsung khidmat. Dihadiri para andalan daerah Gerakan Pramuka NTB dan tamu undangan dari unsur Kwartir Ranting atau Kecamatan.

Para Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Sumbawa masa bhakti 2023-2028 dinahkodai (Ketua) Varian Bintoro.

BACA JUGA  Meski Tidak Diizinkan Pelindo Badas, Ribuan Masyarakat Antusias Berobat di RS Apung Malahayati

Ka Kwarda Gerakan Pramuka NTB, Dr. H. Fathul Gani, menyampaikan, bahwa siapapun kalau sudah berseragam Pramuka jangan diragukan loyalitas dan dedikasinya.

Kak Fathul, sapannya, mengapresiasi tagline Bangga jadi Pramuka. Baginya ini adalah slogan luar biasa di tengah kontroversi kurikulum Pramuka “wajib atau tidak”.

“Tidak ada lagi perdebatan, ini adalah produk kurikulum pilihan. Kita masuk Pramuka karena pilihan bukan diwajibkan,” tegasnya.

Kak Fathul berharap di bawah kepemimpinan Varian Bintoro di Kwarcab Sumbawa agar membangkitkan kembali kegiatan Pramuka di Sumbawa.

“Saya ucapkan terimakasih kepada pengurus Kwarcab sebelumnya yang telah bekerja dan dedikasi. Selamat bekerja bagi yang sudah dilantik, berikan contoh kepada generasi muda bukan menjadi beban,” ucapnya.

BACA JUGA  Perkuat Sinkronisasi Data Blank Spot dan Lemah Sinyal, Ini Harapan Diskominfotik NTB

Kak Fathul meminta semua pengurus Kwarcab dan kader Pramuka di Sumbawa menunjukan bahwa keberadaan Gerakan Pramuka berkah tersendiri bagi masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sumbawa selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, menyampaikan rasa terimakasih Pemda Sumbawa yang berkontribusi bagi pembangunan daerah.

“Atas nama Pimpinan daerah Kabupaten Sumbawa mengucapkan selamat semoga gerakan pramuka bisa bersinergi untuk membangun daerah,”kata Kamabincab.

Karena Gerakan Pramuka ada di mana-mana tegasnya, maka harus dipacu sehingga jika ada yang meragukan kurikulum Pramuka jawabannya bahwa inilah yang cocok dengan generasi muda kita.

Di samping itu Kamabincab menegaskan agar Gerakan Pramuka menjaga independensinya di tahun politik saat ini.

BACA JUGA  Personel Berhasil dalam Bekerja, Kapolres Sumbawa Beri Penghargaan

“Saya percaya Gerakan Pramuka menjadikan independensi sebagai sikap. Saya mengajak Gerakan Pramuka mengawal tegaknya demokrasi, menghindari black campaign melawan berita hoax serta menjaga kondusifitas daerah sebagai tugas kita semua,” pungkasnya.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sumbawa, Varian Bintoro, menyampaikan pelantikan pengurus Kwarcab dirangkaikan dengan

Rapat Kerja yang singkat jelas dan padat. Agenda selanjutnya yakni melantik Satgas Pramuka Peduli.

Kepada jajaran pengurus ranting diharapkan agar aktif memberikan semangat dan contoh sebagai bentuk pembinaan generasi muda.

“Sebagai senior di Kwartir Ranting harus menjadi pembimbing dan mengkader semakin banyak peserta didik untuk melatih dirinya di Gerakan Pramuka,” pintanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.