Sultan Muhammad Kaharuddin IV Melakukan Satenri Manik

oleh -406 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- 27 Mei 2024

Dewa Masmawa Sultan Muhammad Kaharuddin IV selaku sultan atau Datu Mutar memiliki titah yang setara dengan keputusan hukum yang berlaku mutlak bagi seluruh Tau Tana Samawa. Sebelum beliau bertitah (Ramanik), Sultan telah melakukan ikhtiar dan bermunajat kepada Allah SWT untuk diberikan pikiran yang luas dan kebijaksnaan dalam bersikap atau mengambil keputusan.

Selain itu, Dewan Adat LATS yang terdiri dari para Pinisepuh Kesultanan Sumbawa dan Dewan Syara’ LATS yang terdiri dari para ulama juga turut memberikan pandangan dan mengutarakan pendapat terbaik mereka. Peristiwa ini merupakan momen yang sangat sakral dan hanya disaksikan langsung oleh keluarga terdekat Sultan.

BACA JUGA  Sambut MXGP, 14 Desa Wisata Unik di Sumbawa Diajukan ke Kementerian

Dalam Upacara Adat Pengangkatan Datu Rajamuda ini, prosesi Satenri Manik dilakukan pada Senin (27/05) malam setelah shalat Isya di ruang tengah Istana Bala Kuning. Dimulai dengan pengajian yang dilakukan oleh para ulama, kemudian Sultan Muhammad Kaharuddin IV yang dikelilingi oleh para sesepuh dan keluarga terdekat Kesultanan Sumbawa dalam hal ini adalah sepupu satu kali beliau dan para kemenakan beliau menitahkan kepada cucu beliau, Raihan Omar Hasani Priyanto yang bergelar adat Daeng Mas Madinah untuk menerima amanat sebagai calon penerus Kesultanan Sumbawa dengan gelar Datu Rajamuda.

Berikut kutipan manik Sultan Muhammad Kaharuddin IV : MANIK KAMUTAR DEWA MASMAWA SULTAN MUHAMMAD KAHARUDDIN IV, Bismillahirrahmanirrahiim Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

BACA JUGA  Selamat !! Enam Personel Polres Sumbawa Lulus Seleksi Calon Perwira Pertama Polri

Kewa Tu sangayap doa ke Pamuji Tanda syukur kita Repan Mulia Allah SWT, Tu Saronan ke Pangarap Rea Semoga Allah SWT ya Rahmat ke Ya Redha Sarea niat balong kita Dalam tu boat kewa ikhlas, tu jaga marwah ke martabat Sanuman Kerik Salamat Tau ke Tana Samawa “Raihan Omar Hasani Priyanto Daeng Mas Madinah Pang ano mulia ku satenri manik ku selaku DEWA MASMAWA Kuangkat mu dadi Datu Rajamuda Kesultanan Sumbawa”

Setelah Satenri Manik, secara bergantian para perempuan sesepuh Kesultanan Sumbawa yang merupakan Jape (nenek) dari Raihan Omar Hasani Priyanto Daeng Mas Madinah Datu Rajamuda menghampiri untuk mendoakan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan Datu Rajamuda sebagai penerus Kesultanan Sumbawa. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.