Meski Sibuk Hadapi Pilkada, Cabup Mohamad Ansori Gelar PS Karapan Kebo

oleh -779 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Meski disibukkan dengan aktivitas menyambut Pilkada, Ketua DPC Gerindra yang juga Bakal Calon Bupati Sumbawa, Drs H Mohamad Ansori menyempatkan waktu memikirkan keberlangsungan budaya Karapan Kebo di tana samawa.

Selain mensupport hadiah, Haji Ansori yang juga Wakil Ketua 1 DPRD Sumbawa ini menyediakan lokasi khusus yang diberi nama Arena PS Barapan Kebo, di Kawasan Samota Taman Lembi, Kelurahan Lempeh, Kecamatan Sumbawa.

Menurut Haji Ansori, kegiatan budaya karapan kebo ini sudah ada sejak zaman kerajaan dan saat ini masyarakat biasanya mengadakannya sebagai wujud syukur menyambut masa tanam dan sesudah masa panen sekaligus menjadi salah satu upaya untuk menggemburkan tanah.

Selain makna spritual kata Haji Ansori, adapula makna sosial yang terkandung dalam tradisi Barapan kebo ini yakni sebagai ajang silaturahmi masyarakat sumbawa dengan berbagi suka cita bertemu sanak famili serta adanya geliat ekonomi terjadinya transaksi jual beli kerbau.

BACA JUGA  Dilantik 1 Oktober 2024, Ini Daftar 580 DPR-RI Terpilih dan Jumlah Gaji

“Momen ini dapat meningkatan ekonomi masyarakat, tidak hanya dari para pelaku karapan kebo ada terjadi jual beli kerbau-kerbau terbaik bahkan ada geliat UMKM di sekitar lokasi perlombaan,” ujar Haji Ansori saat membuka acara, Kamis (13/06/2024).

Dikatakan Haji Ansori, Partai Gerindra merupakan partai yang selalu mendukung penuh pelestarian budaya-budaya lokal terutama karapan kebo di kabupaten sumbawa.

“Untuk kegiatan budaya ini, kami khusus menyediakan lokasi di Arena PS Barapan Kebo dan di support langsung oleh sahabat PS. In Shaa Allah setiap tahun akan rutin diadakan dengan hadiah-hadiah yang menarik,” komit politisi ramah ini.

Bos PS ini berharap, selain untuk meramaikan kawasan Samota, menggeliatkan UMKM, kegiatan ini juga sebagai upaya melestarikan budaya dan merangkul masyarakat dengan menggabungkan kegembiraan kompetisi dengan pesona warisan budaya Sumbawa.

BACA JUGA  Musakara Rea LATS Tampilkan Beragam Budaya Samawa dan Hadirkan Tokoh Nasional

“Acara ini tidak hanya menjadi ajang hiburan semata, tetapi juga sebuah langkah kreatif untuk berinteraksi langsung dengan warga dan mempererat persatuan dan kesatuan serta persaudaraan sesama tau samawa,” pungkasnya.

Adapun kegiatan hari ini di Arena PS Karapan Kebo wilayah Samota Taman Lembi diramaikan oleh ratusan pasang Kerbau yang datang dari berbagai wilayah Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). (Nuansa/Ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.