Pelayanan Keimigrasian di Kantor Imigrasi Sumbawa Kembali Berjalan Normal

oleh -293 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Sistem layanan Imigrasi yang sempat terganggu kini sudah mulai normal kembali, seluruh urusan keimigrasian telah dapat dilayani sepenuhnya.

Layanan perlintasan, visa, izin tinggal dan paspor telah beroperasi normal hari ini, Jumat (28/06/2024). Kemudian Sistem perlintasan juga sudah pulih dan beroperasi dengan baik sejak Sabtu malam (22/06/2024). Autogate, aplikasi visa dan izin tinggal sudah normal pada Minggu (23/06/2024). Aplikasi M-Paspor dan Cekal Online beroperasi kembali pada Minggu (23/06/2024), dan sistem penerbitan paspor pulih sepenuhnya hari ini.

“Sejak gangguan di PDN (Pusat Data Nasional) Kementerian Kominfo terjadi pada Kamis pekan lalu, kami melakukan langkah-hngkah penanganan, dimulai dari mengeluarkan kebijakan yang responsif dan adaptif untuk menangani dampak serangan siber tersebut,” ungkap Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, Sabtu (28/06/2024).

Kantor imigrasi se-lndonesia tetap melayani pemohon paspor seperti biasa saat gangguan PDN terjadi. Namun demikian, penerbitan paspor membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya.

Sekitar 60.000 paspor yang penerbitannya sempat terhambat selama tiga hari gangguan pada PDN sudah mulai ter-cover. Bagi pemohon yang sudah melakukan wawancara dan foto di akhir pekan lalu diprioritaskan untuk dapat pengambil paspornya dalam pekan ini.

BACA JUGA  Hendak Transaksi Sabu di Alfamart, Dua Pemuda Diringkus Polisi

la menjelaskan, penanganan paling awal dilakukan pada sistem perlintasan di tempat perlintasan imigrasi (TPI) bandara dan pelabuhan, yaitu dengan penggunaan pemeriksaan secara manual dan terdokumentasi. Meskipun proses masuk-keluar Bandara terganggu kendala kesisteman, Imigrasi tetap memiliki record perlintasan.

“Pengambilan keputusan pemindahan data center dilakukan setelah 12 jam sejak gangguan teknis di pusat data nasional (PDN) Kementerian Kominfo terjadi. Kami mengamati perkembangan recovery PDN yang tidak menunjukan hal positif di hari pertama gangguan. Untuk menangani kendala sistem, langkah awal yang dilakukan oleh Tim IT Ditjen Imigrasi yaitu memastikan status database Imigrasi di PDN. Selanjutnya tim menyusun Application Recovery Plan, membentuk Satgas Pemulihan Layanan Imigrasi dan melakukan inventarisasi kebutuhan teknis,” tuturnya.

Mulai Kamis (20/06/2024) sore, Tim IT Ditjen Imigrasi memindahkan dan mengintegrasikan data back up Imigrasi ke data center baru. Pada hari ahad (21/06/2024) pemulihan sistem menunjukkan tanda-tanda positif.

BACA JUGA  Pimpinan dan Anggota DPRD Sumbawa Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Sumbawa ke-64

Pemulihan layanan imigrasi secara bertahap dimulai dari Cekal Online, Interpol, Aplikasi Perlintasan Keimigrasian dan Autogate. Setelah stabil, pemulihan dilanjutkan ke Layanan Visa, Izin Tinggal dan Layanan Paspor. Progress pemulihan sistem menunjukkan hasil yang signifikan sejak hari Kamis (27/06/2024), di mana 60% dari seluruh titik layanan keimigrasian di Indonesia dan luar negeri sudah pulih. Hari Jumat (28/06/2024) sistem sudah pulih 100%.

“Tim IT Ditjen Imigrasi bekerja 24 jam untuk mengurai kendala sistem layanan Imigrasi. Ketika kita mendapat info berangsur pulihnya sistem aplikasi, petugas dibagian visa dan paspor masuk kerja pada hari libur (Sabtu-Mnggu) untuk dapat melayani proses penerbitan visa dan paspor yang empat, tuturya.

Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian yang terdampak oleh serangan siber pada PDN mengakomodasi 431 titik layanan imigrasi di unit pelaksana teknis, perlintasan, dan kantor wilayah di seluruh Indonesia serta perwakilan RI di luar negeri. Sistem ini juga terintegrasi dengan 22 kementerian/lembaga terkait.

BACA JUGA  Teken MoU, Ketua SMSI Sumbawa Apresiasi Langkah KPU Sukseskan Pemilu 2024

“Atas kejadian ini ada hikmah yang kami dapat, kami lebih bisa memahami dampak nyata dari serangan siber dan cara penanggulangannya, dibutuhkan keputusan yang cepat dalam menghadapi gangguan kesisteman yang disebabkan oleh serangan siber dan kita tentu akan menyiapkan langkah-langkah penanganan yang lebih baik,” pungkasnya.

Kepala Kantor Imigrasi Sumbawa, Putu berharap dengan pulihnya sistem layanan keimigrasian dapat membuat pelayanan di Kantor Imigrasi Sumbawa Besar berjalan dengan normal sehingga masyarakat dapat dilayani dengan cepat.

“Hal ini sesuai dengan arahan dan petunjuk kakanwil kemenkumham NTB, Bapak Parlindungan, bahwa pelayanan pada masyarakat adalah prioritas utama dan menjadi kesadaran bagi kita agar pelayanan kita bukan menjadi sebuah rutinitas biasa melainkan dapat benar-benar bermanfaat bagi masyarakat luas,” tutupnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.