Bupati Sumbawa Lepas 5 Siswa Penerima Beasiswa SMK Unggulan 2024

oleh -86 Dilihat
oleh

Sumbawa Besar, NuansaNTB.id- Bupati Sumbawa Drs H. Mahmud Abdullah melepas sekaligus membuka orientasi siswa AMMAN Scholars di Aula Lantai 1 Kantor Bupati, Senin (08/07/2024).

Kelima orang siswa tersebut merupakan penerima beasiswa SMK Unggulan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PT AMNT) tahun 2024.

Hadir pada kegiatan ini, Bupati Sumbawa Drs H. Mahmud Abdullah, Senior Manager Eksternal Government Relations & Security PT AMNT, Ahmad Salim ST beserta staf, Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga DR Dedy Hari Wibowo, pejabat mewakili Kadis Diknas, pejabat Kemenag Sumbawa serta orang tua wali murid siswa.

Senior Manager Eksternal Government Relations & Security PT AMNT, Ahmad Salim, ST dalam laporannya menyebutkan kelima orang siswa dan siswi tersebut merupakan penerima beasiswa SMK unggulan PT AMNT tahun 2024 asal Kabupaten Sumbawa.

Setelah melalui sejumlah tahapan seleksi mulai seleksi administrasi, potensi akademik, tes kesehatan dan wawancara. Alhamdulillah adik adik ini dinyatakan lulus. Bisa dikatakan anak anak yang lulus seleksi ini merupakan putra putri terbaik asal Kabupaten Sumbawa,” ungkap Ahmad Salim.

BACA JUGA  Fraksi Demokrat DPRD Sumbawa Minta Pemda Lakukan Pemetaan Khusus Tangani Hutan

Ahmad Salim menjelaskan, program beasiswa SMK unggulan PT AMNT tahun ini merupakan tahun ke 4. Untuk Kabupaten Sumbawa program ini adalah yang pertama kali. Untuk tahun ini proses seleksi diikuti sebanyak 599 peserta dari SMP dan MTs Se Kabupaten Sumbawa Barat dan Kabupaten Sumbawa.

“Dari 599 peserta seleksi yang dinyatakan lulus adalah sebanyak 30 siswa, terdiri dari 25 siswa asal KSB dan 5 siswa asal Kabupaten Sumbawa. Kuota untuk Sumbawa memang masih kecil karena tahun ini masih tahap uji coba. Semoga kedepannya adik adik ini menjadi pioner bagi adik adiknya kelak,” cetusnya.

Siswa siswi tersebut nantinya, lanjut Ahmad Salim, akan menempuh pendidikan di sejumlah SMK unggulan di Kudus Jawa Tengah dan Malang Jawa Timur hingga lulus nantinya. Seluruh biaya pendidikan dan biaya hidup dan lain lain akan ditanggung sepenuhnya oleh PT AMNT.

“Siswa siswi penerima beasiswa akan menempuh studi di sejumlah SMK unggulan di Kudus dan Malang, dengan pilihan jurusan/konsentrasi, seperti Game dan Animasi 3D, Perangkat Lunak, Desain Komunikasi Visual, Perhotelan, tata busana, otomasi industri, kelistrikan dan lainnya,” terangnya.

BACA JUGA  HUT NTB ke-63, Wagub Rohmi Launching Kalender Event 2022

Karenanya, ia berharap support dan kerjasama dengan berbagai pihak terkait terutama Pemkab Sumbawa dan KSB sehingga program beasiswa tersebut tetap dilaksanakan setiap tahunnya.

“Kami sangat berharap kerjasama dan dukungan dari Pemkab Sumbawa semoga program ini kedepannya dapat ditingkatkan baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya,” ujar Bupati.

Sementara itu, Bupati Sumbawa Drs H. Mahmud Abdullah dalam sambutanya menyampaikan apresiasi dan terimakasih tak terhingga kepada pihak PT AMNT yang telah memberikan kesempatan kepada putra putri terbaik daerah ini untuk menimba ilmu di SMK unggulan di Pulau Jawa.

“Kami sangat berterima kasih kepada PT AMNT yang telah berkontribusi bagi peningkatan SDM di Kabupaten Sumbawa dengan memberikan beasiswa kepada anak anak kami,” ucapnya.

Ke depan Bupati berharap kepada PT AMNT untuk menambah kuota penerima beasiswa SMK unggulan dari Kabupaten Sumbawa. terutama beasiswa untuk jurusan yang sangat diminati oleh dunia kerja dan perusahaan.

BACA JUGA  Kapolres Sumbawa Hadiri Pemberian Gelar Bangsawan Cucu Sultan Muhammad Kaharuddin IV

“Apa yang telah dilakukan PT AMNT sejalan dengan program kami yakni peningkatan SDM, kami berharap jika memungkinkan PT AMNT bisa membangun SMK unggulan di Sumbawa, kenapa tidak? Semoga PT AMNT bisa mewujudkan sekolah unggulan tersebut,” harap bupati.

Bupati juga berpesan kepada siswa siswi penerima beasiswa SMK unggulan PT AMNT kali ini untuk tekun dan disiplin dalam menempuh studi hingga lulus nantinya. Selain itu, bupati berpesan kepada para siswa untuk menjaga dan senantiasa mengharumkan nama Kabupaten Sumbawa.

“Kepada anak anak saya berharap tekun dan disiplin, jangan lupa terus berikhtiar dan berdoa terutama mendoakan orang tua kita. Jaga nama Sumbawa agar tetap harum. Selamat jalan dan semoga tercapai cita cita nak,” pungkas Bupati.

Kegiatan pembukaan tersebut dilanjutkan denganorientasi / pembekalan kepada siswa siswi penerima beasiswa SMK unggulan oleh perwakilan PT AMNT. (Nuansa/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.